130 Calon PPK Lulus Seleksi Administrasi

logo kotak KPUSELUMA - KPU Kabupaten Seluma akan menggelar seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Senin (25/2). Pelaksanaan tes akan dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB bertempat di Kantor KPU Seluma. Seleksi berisi tes tertulis dan wawancara.

“Jika tidak selesai hari itu, khusus tes wawancara akan dilanjutkan pada hari berikutnya. Kecuali tes tertulis dituntaskan hari itu juga,” kata Ketua KPU Seluma Drs H Faisal Bustaman didampingi anggota KPU Seluma Divisi Program, Logistik dan Keuangan, Alfadjri ditemui di Kantor KPU Seluma, kemarin (23/2).

Diterangkannya, beberapa hal yang harus menjadi persiapan peserta calon PPK, diantaranya, harus mempelajari dan menguasai undang-undang (UU) Pemilu. Selain itu pengetahuan kepemiluan, pengetahuan tentang wilayah dan lainnya.

Ia mengatakan, dari 130 peserta calon PPK, dipastikan tidak semuanya akan lolos seleksi. Sebab, total anggota PPK yang dibutuhkan se Kabupaten Seluma hanya sekitar 70 orang. Dengan rincian, 5 orang anggota PPK per kecamatan.

“Yang dibutuhkan itu sebanyak 70 orang, hitungannya 5 orang dikalikan 14 kecamatan. Sedangkan pendaftar sudah lebih dari itu, jadi sudah dapat dipastikan ada yang tidak lulus nantinya,” papar Alfadjri yang berencana kembali maju mencalon sebagai anggota KPU Kabupaten Seluma itu.

Peserta calon PPK yang lulus administrasi untuk Kecamatan Seluma Kota sebanyak 10 orang, Seluma Timur 8 orang, Seluma Utara 7 orang, Seluma Barat 10 orang, Seluma Selatan 8 orang, Sukaraja 10 orang, Air Periukan 9 orang, Lubuk Sandi 9 orang, Talo 7 orang, Talo Kecil 8 orang, Ilir Talo 7 orang, Ulu Talo 11 orang, Semidang Alas (SA) 13 orang dan Semidang Alas Maras (SAM) sebanyak 10 orang.

Ditambahkannya, calon anggota PPK tidak boleh menjadi atau simpatisan partai politik (parpol) manapun. Diharapkannya, masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui ada calon anggota PPK yang masuk atau diketahui simpatisan parpol, agar dapat melaporkan hal tersebut ke KPU Seluma. Pihaknya akan menindak tegas, dengan mencoret sebagai calon anggota PPK. “Bahkan jika sudah lulus pun dari seleksi, akan tetap langsung dicoret, dibatalkan sebagai anggota PPK,” tegasnya.

Perlu diketahui, anggota PPK yang lulus ini nantinya, akan bertugas selama 2 periode. Yakni pada pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres). Jadi pelaksanaan pilpres nantinya, tidak akan dilakukan seleksi anggota PPK yang baru.  Namun akan ada jeda masa tugas, antara pileg dan pilpres.(hue)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*
*