Anggota KPU PNS Terima Gaji Ganda

Zainan Sagiman

Zainan Sagiman

BENGKULU – Komisioner KPU yang berasal dari kalangan PNS tetap menerima gaji sebagai PNS. Ini berarti komisioner bersangkutan mendapat gaji ganda yakni gaji PNS dan gaji sebagai Komisioner KPU. Juru Bicara KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman, SH mengakui hal itu. Tetapi, itu dinilainya tidak menyalahi aturan.

Sebab, PNS yang jadi anggota KPU hanya tidak dibolehkan menerima tunjangan dan memiliki jabatan. Selain itu, selama menjadi anggota KPU tidak boleh melakukan aktivitas di instansi tugasnya selaku PNS.

Dikatakan Zainan, pihaknya menyayangkan jika ada pernyataan pejabat di Pemda Provinsi bahwa PNS yang menjadi anggota KPU harus benar-benar berhenti dari PNS. Sebab, dalam pencalonan itu hanya diminta agar bagi yang berstatus PNS harus mengundurkan diri dari jabatan. Akan tetapi bukan berarti berhenti dari PNS. Sebab setelah masa jabatannya sebagai pejabat karir di KPU habis, maka statusnya sebagai PNS tetap utuh.

“Kini itu perbedaannya hanya ada pemotongan pajak 15 persen kalau anggota KPU yang berasal dari PNS. Kemudian anggota KPU juga menjalankan tugas negara yang secara otomatis itu juga merupakan tugas PNS.  Anggota KPU ini bukan jabatan politik atau negara, melainkan jabatan karir dan profesional,” tegas Zainan kepada RB kemarin.

Zainan mengimbau anggota KPU yang berstatus PNS tidak perlu khawatir untuk menerima gaji pokok sebagai PNS dan gaji sebagai anggota KPU. Sebab untuk di KPU sebenarnya bukan gaji melainkan uang kehormatan sehingga berbeda dengan gaji pokok PNS.  Dalam aturan izin cuti juga tidak ada batasannya. Namun jika PNS tersebut merangkap jabatan atau tidak mundur dari jabatannya, itu jelas melanggar aturan.

“Jadi sah-sah saja mereka dapat gaji pokok dan uang kehormatan dari KPU. Asalkan mereka tidak menerima tunjangan jabatan mereka sebagai PNS. Tidak hanya PNS, pengacara juga yang jadi anggota KPU tidak boleh menerima atau menangani kasus klien. Nah jika ada pejabat yang meminta agar berhenti dari PNS,  maka perlu belajar banyak dulu soal aturan,” pungkas.(che)

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Mas Zainan Sagiman, terima kasih banyak atas penjelasannya, tp masih banyak lho yang berpendapat bahwa menerima gaji PNS dan KPU adalah duplikasi, tp setelah saya lihat-lihat PP 53 tahun 2010 pada pasal 4 tidak ada yang melarang PNS utk jadi KPU, dan mengenai gaji tidak ada larangan secara tegas,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*
*