Awal Puasa Tahun Ini Dimungkinkan Berbeda

Puasa Ramadhan 1434 H 2013BENGKULU – Penetapan 1 Ramadhan 1434 hijriah atau tanggal dimulainya umat Muslim Indonesia menjalankan ibadah puasa Ramadhan, dimungkinkan berbeda antara Muhammadiyah dengan pemerintah. Muhammadiyah sudah memastikan 1 Ramadhan jatuh pada Selasa 9 Juli 2013, dimana 8 Juli malam telah mulai dilaksanakankan salat tarawih. Sedangkan pemerintah, sesuai jadwal sementara ini, 1 Ramadhan jatuh hari Rabu 10 Juli 2013.

 Namun untuk kepastiannya, Kemeterian Agama RI akan terlebih dahulu melakukan sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan. Sebagaimana dikemukakan Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu H Suardi Abbas.SH.MH melalui Kabid Orais dan Pembinaan Saria Herman Yatim kepada RB kemarin. Menurutnya, berpeluang besar 1 Ramadhan jatuh pada 10 Juli. Saat ini Kemenang Provinsi Bengkulu sedang dalam proses pengjitungan jadwal imsak.

 ‘’Bila puasa Ramadhan dimulai 10 Juli maka lebaran Idul Fitrinya atau 1 Sawal 1434 H jatuh pada Rabu 7 Agustus mendatang. Artinya bisa saja awal puasa antara Muhammadiyah dengan pemerintah berbeda, tetapi 1 Sawalnya sama. Tapi ini belum final, seperti biasa sebelum Menteri Agama menetapkan 1 Ramadhan akan terlebih dahulu dilakukan sidang isbat melibatkan perwakilan pemerintah, organisasi masyarakat dan agama seperti MUI, NU dan Muhamadyah,’’ terangnya.

 Sidang Isbat lanjutnya, dilakukan setelah laporan dari seluruh daerah mengenai proses rukiyat sudah disampaikan ke pusat. Untuk itu kepastiannya akan diketahui beberapa hari sebelum pelaksanaan puasa dilakukan. ‘’Walaupun perkiraan sudah diketahui, tetap akan dilakukan rukiyat dulu, hasilnya dibawa dalam siding isbat,’’ ujar Herman.

 Terpisah, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Bengkulu H Syukran Zainul membenarkan sudah didapati jadwal dimulainya puasa Ramadhan pada 9 Juli mendatang. Namun demikian pihaknya tetap akan menunggu surat edaran dari hasil sidang maklumat Muhammadiyah Pusat nantinya. Karena bisa saja tidak ada perubahan dan bisa saja terjadi perubahan. Kalau menurut kalender sudah jelas tanggal 9 Juli.

 Hasil sidang maklumat itu akan diketahui dalam waktu beberapa hari ini. Seperti biasa kata Syukran, sebulan sebelum pelaksanaan puasa itu sudah diketahui. Namun bisa juga paling lambat dua minggu sebelum puasa Ramadhan disampaikan ke seluruh derah. ‘’Menunggu putusan dari pusat,’’ pungkasnya.(che)

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. mudahan kedepannya penentuan ramadhan tidak menimbulkan perselisihan di semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: