Bulan Depan, Tunjangan Sertifikasi Guru Cair

uangBENGKULU –  Kabar gembira bagi guru se Kota Bengkulu. Kalau tidak ada perubahan, bulan depan tunjangan sertifikasi untuk guru akan dicairkan. Saat ini, pencairan triwulan I (Januari–Maret) 2013, masih dalam proses pemberkasan di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Bengkulu.

Kasubag Kepegawaian Diknas Kota Bengkulu, Firman Jonaidi mengatakan setelah melakukan pemberkasan, Diknas masih akan menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) mengenai alokasi dana transfer daerah. Setelah PMK keluar maka akan terbit Surat Keputusan (SK) dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Menengah (Dikmen), Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI). Setelah semua keputusan tersebut keluar maka pencairan baru bisa dilakukan.

“Setelah semua SK tersebut keluar, tunjangan sertifikasi akan segera ditransfer melalui rekening masing-masing guru,” terang Firman.

Dikatakan Firman, untuk pembayaran berdasarkan hasil rembuk bersama seluruh Kepala Diknas se Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu, hasilnya adalah pembayaran tunjangan triwulan I diperkirakan akan dilakukan pada tanggal 9–16 April 2013, triwulan II akan dicairkan pada tanggal 6–16 Juli 2013, triwulan III pencairannya akan dilakukan pada tanggal 9–16 Oktober dan triwulan IV pada tanggal 6–16 Desember 2013.

Adapun jumlah guru yang telah sertifikasi dan akan mendapat tunjangan sertifikasi ini sebanyak 2.174 orang.

Di bagian lain, Firman juga mengatakan akan tetap diadakannya sertifikasi guru pada tahun 2013 ini. Ada sekitar 1.356 orang guru yang belum sertifikasi. Dari jumlah tersebut sekitar 1.205 orang telah melakukan Uji Kemampuan Guru (UKG) dan sekitar 151 orang telah melakukan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). “Setelah melakukakan UKG, para guru tersebut harus melakukan PLPG baru bisa sertifikasi,” tegasnya.(cw1)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: