Caleg Salah Tulis Nama Diserahkan ke KPU RI

pemilu 20144BENGKULU –KPU Kota Bengkulu tak melakukan perbaikan kesalahan tulis nama dua caleg DPRD Kota Dapil I dari PPP. Diketahui, kedua caleg tersebut yakni Jupri Sahid dan Carli Faisal. Kedua nama caleg ini bersama caleg lainnya akan diserahkan ke KPU RI sebagai daftar calon tetap (DCT) untuk diperiksa sebelum dilakukan pencetakan surat suara.

Komisioner KPU Kota Divisi Teknis M Alim S.Sos mengatakan KPU akan melakukan perbaikan jika memang sudah ada petunjuk dan hasil pemeriksaan dari KPU RI. Namun dalam penyerahan DCT tersebut ada catatan bahwa ada dua nama dari 419 caleg terjadi kesalahan penulisan. Dia berharap peluang untuk perbaikan ada. Hanya saja, KPU Kota bisa mengubahnya jika memang ada petunjuk langsung dari pusat.

“Walaupun kedua caleg itu tidak menuntut diubah, kami tetap tidak berani dan harus koordinasi dulu ke KPU RI. Sehingga tidak gegabah dalam bertindak. Memang dalam nama itu penyebutannya tidak ada perubahan. Hanya saja hurufnya ada yang kurang,” kata Alim.

Sedangkan untuk caleg lain, kata Alim, tidak ada lagi masalah. Nomor urut juga tidak ada yang berganti. Hanya saja sebelum dilakukan cetak surat suara, seluruh DCT itu akan dievaluasi di tingkat nasional. “Kalau dari kedua caleg itu mau diganti atau tidak diganti, mereka tidak masalah. Hanya saja jika ada peluang perbaikan, maka memang sebaiknya diganti. Sehingga masyarakat tidak ragu dalam mengenali nama caleg itu nantinya sewaktu pencoblosan 9 April 2014. Sebab dalam surat suara tidak ada foto melainkan hanya nama dan nomor urut,” pungkas Alim.(che)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: