Calo Berkeliaran Tarif CPNS Rp 150 Juta

cpns 2013BENGKULU – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Tarmizi, B. Sc, Sos mengimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk tidak mempercayai calo yang menjanjikan dapat memenuhi formasi tes CPNS sesuai keinginan pemesan. Termasuk meloloskan seseorang menjadi CPNS, dengan syarat harus memberikan sejumlah uang.
“Sesuai dengan informasi, sekarang sudah banyak calo yang menawarkan bisa membantu (menentukan formasi, red). Ini harus diantisipasi. Saya berharap jangan percaya. Jangan kasak kusuk menghadapi tes CPNS ini,” terang Tarmizi ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/8) siang.
Dia mempertegas bahwa formasi tes CPNS tahun ini di 6 Pemda Kabupaten se Provinsi Bengkulu, semuanya merupakan tenaga guru. Seperti Pemda Seluma 30 orang, Pemda Rejang Lebong 35 orang, Pemda Bengkulu Tengah 50 orang, Pemda Kepahiang 30 orang dan Pemda Lebong 30 orang. Terakhir Pemda Kaur mendapat kuota 50 orang.
“Di enam kabupaten semuanya guru SD kelas dan guru keterampilan untuk SMK. Tidak bisa diubah-ubah lagi sesuai dengan keinginan seseorang. Formasi sudah sesuai dengan kebutuhan, dan sudah diputuskan pusat,” ujar Tarmizi, seraya tersenyum ramah.
Termasuk juga dengan formasi tes CPNS Pemda Provinsi Bengkulu yang kuotanya mencapai 144 orang. Menurut Tarmizi, formasi itu juga sudah sesuai dengan analisa kebutuhan. Meski belum didapatkan, formasi rinci yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN – RB) akan tetap mengeluarkan rincian formasi itu sesuai dengan formasi kebutuhan. Seperti tenaga kesehatan yang akan direkrut yakni dokter spesialis, dokter spesialis gigi, perawat, perawat jiwa, apoteker, asisten apoteker dan teknik elektromedis. Sedangkan tenaga teknis yakni analisis potensi pariwisata, penyuluh kehutanan, pengendali ekosistem hutan, penatalaksana konservasi kawasan lindung terumbu karang, surveyor geologi pertambangan, pengamat gunung api, penyelidik bumi, pengawas lingkungan hidup dan perekayasa alat tepat guna.
“Kalau ada yang ngomong bisa bantu, itu hanya ulah dari oknum yang tidak bertanggungjawab,” tukas Tarmizi.
Terkait dengan sejumlah pemberitaan di jejaring sosial yang menyebut bahwa belum ada satupun pemerintah daerah yang siap melaksanakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dia menegaskan Pemda Provinsi sudah siap melaksanakan tes CPNS dengan sistem CAT ini. “Kesiapan itu sudah kami sampaikan ke pusat. Memang pusat memberikan pilihan menggunakan sistem mana, kepada daerah. Tahun depan semua wajib,” tandas Tarmizi.
Dibagian lain, dia mengatakan pihaknya telah menjemput juklak dan juknis di KemenPAN-RB. Dan hari ini sudah dapat disampaikan kepada awak media. “Namun tidak jauh berbeda dengan yang ada di media online saat ini,” katanya.
Seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet http://www.setkab.go.id. masa pendaftaran pada 1 – 28 Sepetember. Jadwal tahapan tes CPNS itu sesuai dengan Surat Edaran MenPAN-RB, Azwar Abubakar Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tertanggal 21 Agustus 2013. Sesuai Surat Edaran Menteri PAN-RB itu, maka pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar dan seleksi administrasi CPNS dari Pelamar Umum yang menggunakan LJK dan CAT adalah tanggal 1-28 September. Pelaksanaan TKD Pelamar Umum dengan sistem CAT adalah 29 September – November. Sedangkan Pelaksanaan TKD Pelamar Umum dengan sistem LJK adalah 3 November.
Hasil TKD CPNS Pelamar Umum dengan sistem CAT akan diumumkan pada November, selanjutnya Tes Kemampuan Bidang (TKB) oleh masing-masing instansi (K/L, Provinsi/Kabupaten/Kota akan dilaksanakan bulan November itu juga.
Adapun seleksi CPNS yang menggunakan sistem LJK, pengumuman hasil TKD dilakukan pada 25 November sampai dengan 5 Desember, selanjutnya pelaksanaan TKI oleh masing-masing Instansi (K/L, Provinsi, Kabupaten/Kota) dilaksanakan pada 27 November sampai dengan 13 Desember. (ble)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: