Danlanal: Juli, Eksplorasi Laut Mukomuko Dimulai

Danlanal Bengkulu Horas Wijaya Sinaga.SITUS LANAL/RB

Danlanal Bengkulu Horas Wijaya Sinaga.SITUS LANAL/RB

MUKOMUKO - Danlanal Bengkulu Letkol (P) Laut. Horas Wijaya Sinaga mengungkapkan, eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) di perairan laut Mukomuko mulai dilakukan pada Juli mendatang. Danlanal meminta supaya Pemda Mukomuko bisa menjemput bola terkait keinginan pemerintah pusat melakukan penambangan minyak dan gas bumi itu di laut Mukomuko. Sehingga paling tidak Mukomuko akan menyediakan sentral logistik untuk penambangan itu. “Laut Mukomuko diketahui memiliki kandungan minyak dan gas bumi. Akan ada eksplorasi dan eksploitasi, kita harap bupati bisa jemput bola untuk total INP (Indonesia National Police),” katanya.
Beberapa waktu lalu tim dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) sudah melakukan penelitian terkait keberadaan gas dan minyak bumi di laut Mukomuko tersebut. Hasilnya memang laut Mukomuko memiliki kekayaan tersebut, yang berada di sekitar pulau Mega. Mengetahui adanya kekayaan minyak itu Pemda Mukomuko melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mukomuko memasukkan pulau Mega dalam tata ruang wilayah Kabupaten Mukomuko. Sebelumnya pulau Mega tidak ada dalam Peta wilayah Mukomuko. Kepala Bappeda Mukomuko Herlian, M.Si mengatakan memasukkan pulau Mega dalam wilayah Mukomuko adalah karena kekayaan minyak di perairan tersebut. “Kita nanti akan mengukur pulau itu dan menentukan titik koordinatnya. Memang kata orang-orang tua kita yang pernah ke sana pulau itu dekat dengan Mukomuko,” katanya.
Ketua DPRD Mukomuko Drs. Arnadi Pelam mengatakan dengan adanya penambangan minyak di wilayah Mukomuko maka akan berdampak sangat baik terhadap pembangunan di Mukomuko. Selain itu juga akan menyerap banyak tenaga kerja. Dia mengatakan masyarakat pesisir harus secepatnya diberikan sosialisasi terkait rencana penambangan minyak itu. Sehingga nantinya rencana pemerintah itu didukung sepenuhnya oleh masyarakat. “Ini sangat baik dan akan menyerap banyak tenaga kerja. Daerah juga akan mendapatkan bagi hasil untuk pembangunan,” katanya.(del)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: