Distanakbun Targetkan 125 Ribu Bibit Karet

karetSELUMA KOTA – Tingginya minat masyarakat untuk membuka perkebunan terutama karet dan kelapa sawit, direspon cepat Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Kabupaten Seluma. Dinas ini akan menfasilitasi bantuan pengadaan bibit bermutu, terutama karet dan sawit. Ditargetkan, untuk tahun 2014 akan diadakan 125 ribu batang bibit karet.

 Hal ini dikatakan Sekretaris Distanakbun Kabupaten Seluma, Sapto Widodo, SP didampingi Kasi Produksi Bidang Perkebunan, Auprasidi, SP, kemarin (10/9). Tidak hanya bibit karet, juga ditargetkan akan diadakan sekitar 31 ribu batang bibit sawit.

 “Totalnya mencapai ratusan ribu batang. Semoga saja ini bisa terwujud tahun 2014 nanti. Ini sudah menjadi agenda utama kita di tahun 2014 mendatang,” ujarnya.

 Sebab selama ini, sambungnya, bibit unggul terbilang sulit didapat oleh petani. Akibatnya petani kerap menanam bibit apa adanya, yang berujung saat mulai panen hasilnya tidak maksimal.  “Sekarang itu hasil panen masyarakat masih terbilang rendah untuk standar nasional. Rata-rata perhektarenya setiap bulannya, hanya 1 ton. Sedangkan standar nasional, per hektare perbulannya mencapai sekitar 3 ton,” imbuhnya.

 Untuk tahun ini, lanjutnya, tidak ada alokasi pengadaan bantuan bibit yang bersumber dari APBD Kabupaten Seluma Tahun Anggaran 2013. Namun ada bantuan bibit dari Pemda Provinsi Bengkulu. Namun belum diketahui, berapa banyak kelompok tani (Poktan) yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

 Pihaknya sudah mengusulkan sebanyak 64 poktan umendapatkan bantuan bibit karet dan s 93 poktan mendapatkan bantuan bibit sawit. Jika usulan ini berhasil, maka setiap anggota poktan akan mendapatkan 200 batang bibit karet, dan sekitar 75 batang bibit sawit per anggota poktan, diusulkan mendapatkan bantuan itu.

 “Kapan aka nada realisasinya, kita belum tahu. Khusus untuk di kabupaten Seluma, kita sudah usulkan poktan-poktan yang bisa mendapatkan bantuan bibit karet maupun bibit sawit,” sebutnya.

 Selain itu, juga akan diusulkan anggaran pengadaan 200 ekor sapi. Akan diberikan ke poktan, guna meningkatkan produktifitas dan hasil poktan dalam menyejahterakan anggota poktannya masing-masing. (hue)

banner 468x60

One Response

  1. Irman Oktavian11 September 2013 at 10:58 pmReply

    Ini merupakan langkah real dan logis untuk kemajuan Rakyat ! Dukung

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: