GAGAL TOTAL

BENGKULU –Kontingen Bengkulu gagal total dalam mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 Pekanbaru. Dikatakan gagal, karena target yang dicanangkan KONI Bengkulu paling tidak meraih lima medali emas. Tetapi ambisi itu tidak terwujud. Hasil akhirnya hanya mampu mendulang enam medali tanpa ada kalungan medali emas. Tentu hasil ini mendapat cibiran dari masyarakat olahraga Bengkulu.
Plt Ketua Harian KONI Bengkulu, Sudirman, SE, kepada RB, kegagalan kontingen PON Bengkulu di Pekanbaru bukan semata kegagalan atlet. Tapi sumber daya kepelatihan yang dimiliki Bengkulu, masih perlu ditingkatkan.
‘’Kami mengakui kontingen Bengkulu gagal memenuhi target lima medali emas. Namun kegagalan itu bukan berarti pengurus KONI tidak berbuat. Dengan persiapan selama enam bulan penuh mejalankan Pelatda berjalan dan Pelatda terpusat, dinilai sudah cukup. Tapi ternyata, daerah lain persiapannya lebih baik lagi,’’ tegas Sudirman didampingi wakil ketua kontingen Drs. Muswardi.
Selama berlangsungnya PON XVIII di Pekanbaru lanjut Sudirman, banyak hikmah yang dapat dipetik. Ya, Paling tidak– atlet-atlet dari masing-masing cabang olahraga (Cabor) yang diikuti Bengkulu, memang ada diantaranya jauh kalau bersaing. Tentu ini merupakan pekerjaan rumah yang harus dibenahi.
‘’Kelebihan dari kontingen daerah lain selain persiapan dan financial yang cukup kuat, juga para atletnya menempah diri di luar negeri. Seperti Kalimantan Timur, dan Jawa Barat. Semua atletnya dikirim ke luar negeri dalam menghadapi PON XVIII Pekanbaru. Memang hasilnya oke. Tetapi kita sadari juga, atlet-atlet kita begitu masuk final, harus menghadapi lawan pemegang medali emas SEA Games. Seperti pada cabor gulat dan wushu,’’ katanya.
Dari kegagalan tersebut, KONI Bengkulu tetap bertanggung jawab. Dan segera gelar rapat pengurus. Apalagi sebentar lagi akan dilaksanakan PON Remaja pertama, yang rencananya berlangsung di Surabaya pertengahan 2013. ‘’Selain membahahas masalah hasil PON XVIII, sekaligus merancang program untuk persiapan PON Remaja,’’ papar Sudirman yang diamini Muswardi.
Perlu diketahui, kontingen Bengkulu hingga berakhirnya PON XVIII Pekanbaru Riau, hanya berhasil mendulang enam kalungan medali yakni 2 perak dan 4 perunggu. Enam medali tersebut masing-masing 2 medali perak dipersembahkan dari cabor gulat dan empat medali perunggu didulang dari cabor angkat besi, wushu, biliar dan selam.
Dalam PON XVIII Pekanbaru, Bengkulu meloloskan sebelas cabor yakni biliar wushu, angkat besi, selam, menembak, atletik, balap sepeda, balap motor, pencak silat dan renang.(all)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: