Gas Elpiji 3 Kg Mulai Langka

3kg-lpg-cylinderTUBEI – Sejak beberapa minggu belakangan, keberadaan gas elpiji 3 kg di Kabupaten Lebong mulai langka. Hal ini diduga dipengaruhi dari berkurangnya pasokan distribusi gas elpigi 3 kg ke beberapa pangkalan gas elpiji. Salah satunya yang terjadi di pangkalan gas elpiji Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara.

Menurut pemilik pangkalan gas elpiji, biasanya kiriman gas elpiji ke pangkalan mereka antara 300-400 tabung gas. Namun saat ini sudah berkurang hanya berkisar 100-200 tabung gas saja. ‘’Pengurangan pasokan ini sudah terjadi beberapa hari belakangan. Kita juga belum tahu penyebab pengurangan pasokan ini.’’ Kata Ita pemilik pangkalan.

Kondisi ini juga secara otomatis mempengaruhi harga gas elpiji dipasaran Kabupaten Lebong. Dari pengecekan RB, harga gas elpiji tabung ukuran 3 kg yang hanya antara Rp 18 ribu sampai Rp 19 ribu, naik menjadi kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu/tabung. Hal ini terjadi dibeberapa wilayah Kecamatan.

‘’Kita terpaksa sementara menggunakan gas tabung 12 kg untuk berjualan sehari-hari. Karena sejak beberapa hari belakangan, kita kesulitan mencari pengisian tabung gas ukuran 3 kg. Selain itu harganya juga tidak lagi dibawah Rp 20 ribu, melainkan bisa mencapai hingga Rp 25 ribu,’’ ungkap Surya (44) salah satu pedagang gorengan di Pasar Muara Aman kemarin (17/5).(dtk)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: