Hari Ini Formasi CPNS Diterima

CPNS CATBENGKULU – Bila tidak ada aral melintang, hari ini (10/9) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu menerima rincian formasi tes CPNS dari Kementerian Aparatur Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Selanjutnya akan diumumkan ke media masa dan dibuka pendaftaran secara online.

“Hingga malam  ini (tadi malam,red) kami cek, formasi untuk tes CPNS Bengkulu belum turun. Staf saya masih di sana (KemenPAN-RB,red). Kalau dapat besok (hari ini,red), langsung kami umumkan, dan dibuka pendaftaran secara online,” kata Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Tarmizi, B.Sc, S.Sos.

Jelang pendaftaran tes CPNS ini, sejumlah pelamar sudah mulai gelisah. Bahkan diantaranya ada yang  menyiapkan uang hingga ratusan juta, dengan harapan dapat lulus dalam seleksi abdi negara itu di lingkungan Pemda Provinsi.

Diantaranya saja, Wigi Sugiono (56) yang mengaku warga Kabupaten Bengkulu Utara. Wigi yang sehari-hari berprofesi sebagai petani itu mengungkapkan sudah menyiapkan uang Rp 75 juta rupiah untuk meloloskan anaknya menjadi CPNS Pemda Provinsi. “Rencananya mau saya genapin jadi Rp 100 juta.  Ada sedikit kebun karet saya yang mau dijual,” kata Wigi saat bertandang ke Kota Bengkulu, kemarin.

Menariknya meski, anaknya lulusan S1 Ekonomi dan  hampir dipastikan tidak ada formasinya dalam tes CPNS Provinsi, namun ia sangat optimis pada saat pengumuman pendaftaran, formasi sesuai dengan jenjang pendidikan anaknya muncul. Dan pada akhirnya akan lolos tes CPNS.

“Saya dapat kenalan yang katanya sebagai pejabat di sana. Ada jaminan bisa bantu meloloskan. Nggak apa-apalah keluar uang, yang penting anak-anak punya masa depan cerah dan tidak memberati orang tua lagi. Katanya disetor setengah dulu, kalau sudah lolos baru dilunasi,” ungkapnya polos.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, M.Sis Rahman, S.Sos berpendapat banyak pelamar yang menyiapkan uang hingga ratusan juta karena krisis kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan tes CPNS yang bersih dan akuntabel. Menurutnya indikasi kecurangan dengan bermain uang sudah dirasakan oleh masyarakat bukan hanya satu atau dua tahun belakangan, tetapi sudah cukup lama.

“Meski sulit diungkapkan, masalah ini sebenarnya sudah mendarah daging dan menjadi tradisi. Sehingga menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat. Dan kekhawatiran  masyarakat, kalau tidak mengikuti arus permainan yang ada, sulit untuk mendapatkan hasil diharapkan. Jadi itu sudah dianggap lumrah,” tukas Sis Rahman.

Selain itu, bisa juga karena keraguan orang tua kepada kemampuan anaknya untuk berkompetisi dan lolos menyisihkan pelamar lainnya. Terlebih lagi, pemalar bukan hanya dari Bengkulu, tetapi bisa juga dari Jawa.  “Terutama bagi orang tua yang menganggap pekerjaan PNS ini sebagai pekerjaan yang segala-galanya. Jadi rela mengeluarkan berapapun juga,” tukas mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bengkulu itu.

Pemberitaan sebelumnya Kepala BKD Provinsi Tarmizi mengimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk tidak mempercayai calo yang menjanjikan dapat memenuhi formasi tes CPNS sesuai keinginan pemesan. Termasuk meloloskan seseorang menjadi CPNS, dengan syarat harus memberikan sejumlah uang.

“Sesuai dengan informasi, sekarang sudah banyak calo yang menawarkan bisa membantu (menentukan formasi, red). Ini harus diantisipasi. Saya berharap jangan percaya. Jangan kasak kusuk menghadapi tes CPNS ini,” terang Tarmizi.

Dia mempertegas bahwa formasi tes CPNS tahun ini di 6 Pemda Kabupaten se Provinsi Bengkulu, semuanya merupakan tenaga guru. Seperti Pemda Seluma 30 orang, Pemda Rejang Lebong 35 orang, Pemda Bengkulu Tengah 50 orang, Pemda Kepahiang 30 orang dan Pemda Lebong 30 orang. “Di enam kabupaten semuanya guru SD kelas dan guru keterampilan untuk SMK. Tidak bisa diubah-ubah lagi sesuai dengan keinginan seseorang. Formasi sudah sesuai dengan kebutuhan, dan sudah diputuskan pusat,” ujar Tarmizi, seraya tersenyum ramah.

Termasuk juga dengan formasi tes CPNS Pemda Provinsi Bengkulu yang kuotanya mencapai 144 orang. Menurut Tarmizi, formasi itu juga sudah sesuai dengan analisa kebutuhan. Meski belum didapatkan, formasi rinci yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN – RB) akan tetap mengeluarkan rincian formasi itu sesuai dengan formasi kebutuhan.  Seperti tenaga kesehatan yang akan direkrut yakni dokter spesialis, dokter spesialis gigi, perawat, perawat jiwa, apoteker,  asisten apoteker  dan teknik elektromedis. Sedangkan tenaga teknis yakni analisis potensi pariwisata, penyuluh kehutanan, pengendali ekosistem hutan, penatalaksana konservasi kawasan lindung terumbu karang, surveyor geologi pertambangan, pengamat gunung api, penyelidik bumi, pengawas lingkungan hidup  dan perekayasa alat tepat guna. (ble)

banner 468x60

9 Responses

  1. eko wirawan10 September 2013 at 8:51 pmReply

    formasi cpns provinsi bengkulu belum terbit ya ma RB

    • Author

      redaksi10 September 2013 at 10:04 pmReply

      belum terbit mas Eko

  2. Iksan Susilo11 September 2013 at 12:59 amReply

    trus kalo mau daftar online apa situsnya…

  3. EDI11 September 2013 at 9:50 amReply

    bayangannya kapan formasi akan terbit admin

    • frengky kusuma11 September 2013 at 5:16 pmReply

      formasi geografi ada gak ??

  4. jhovent12 September 2013 at 10:15 amReply

    Rame terus berita CPNS tiap hari di beritakan. Koran2 pada laku banget….formasi gak turun2….

    • Author

      redaksi12 September 2013 at 10:48 amReply

      sudah turun om, ada di koran hari ini :)

  5. efran12 September 2013 at 11:10 amReply

    dimana bisa liat formasi cpns provinsi bengkulu

    • Author

      redaksi12 September 2013 at 11:14 amReply

      di Koran Rakyat Bengkulu

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: