Havizan dan Yolanda, Bujang Gadis Bengkulu

Pemilihan Bujang Gadis Bengkulu tahun 2013 di Sport Center tadi malam.MASRIYADI/RB

Pemilihan Bujang Gadis Bengkulu tahun 2013 di Sport Center tadi malam.MASRIYADI/RB

BENGKULU - Ahmad Havizan Putra Bentara dan Yolanda Ayu Rizki, S.Pi yang merupakan Wakil Kota Bengkulu, akhirnya terpilih sebagai Bujang dan Gadis Bengkulu 2013. Pemilihan berlangsung di malam Grand Final yang digelar di arena Rafflesia Beach Festival Kemilau Sumatera, Sport Centre Pantai Panjang tadi (28/9) malam. Mereka berhasil menyandang gelar Duta Budaya dan Pariwisata Provinsi Bengkulu, mengalahkan 12 pasang finalis lainnya.
Penampilan finalis dinilai juri yang terdiri dari, Romeli Santiago Abbazz, S.SiT (Ketua Ikatan Bujang Gadis Bengkulu), Heri Aprizal, SP (Jurnalis Rakyat Bengkulu), Lisa Rakhamanina, S.Pd, M.Pd (akademisi), Suparhim Onoh, SE (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu), Drs. H. Musiardanis, M.Sc (tokoh budaya). Sementara Bujang Wakil 1 diraih Rezi Adrian, Gadis Wakil 1 Reztya Lara Febriana. (lengkapnya lihat grafis).
Tahapan seleksi Pemilihan Bujang Gadis Bengkulu 2013 berlangsung cukup ketat. Serangkaian tes telah dilalui peserta sejak 19-22 September lalu. Mulai dari tes tertulis, presentasi potensi wisata dan tes interview. Dari 51 peserta terpilih 26 orang atau 13 pasang finalis Bujang Gadis, yang berhak melaju ke babak grand final.
Ketua Ikatan Bujang Gadis Bengkulu (Ibugalu) Romeli Santiago Abbazz, S.SiT menuturkan, jumlah pendaftar sebetulnya mencapai 54 peserta yang terdiri dari 30 Gadis dan 24 Bujang. Namun 3 peserta mengundurkan diri. “Finalis terpilih mengikuti karantina 23-24 September. Selama karantina finalis dibekali materi kepariwisataan, adat istiadat, serta organisasi Ibugalu,” terang Romeli.
Diakui Romeli, seleksi tahun ini sedikit berbeda dengan seleksi tahun lalu. Tahun ini peserta wajib mempersiapkan bahan presentasi tentang potensi wisata yang ada di Provinsi Bengkulu minimal 3 tempat wisata.
Dikatakan Romeli, selain berhak menyandang gelar sebagai Duta Budaya dan Pariwisata Provinsi Bengkulu, Bujang Gadis terpilih akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan. “Salah satunya mengikuti Pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata tingkat nasional,” tambahnya.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu H. Hasanuddin, M.Sc menuturkan, dengan adanya Pemilihan Bujang Gadis Bengkulu diharapkan pariwisata Provinsi Bengkulu bisa lebih baik lagi. “Para duta budaya dan pariwisata terpilih diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi pariwisata di Bengkulu. Tentu ke arah yang lebih baik,” ujarnya.(rei)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: