Ini Dia Syarat Tes CPNS

pns-bolmutBENGKULU – Siap-siap bagi pencari kerja yang ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dipastikan tahun ini, Pemda Provinsi (Pemrov) melakukan perekrutan untuk mengisi kebutuhan tenaga khusus di lingkungan Pemprov.

Diprediksi pelaksanaan tes akan dilaksanakan Oktober. Tes ini dilakukan setelah usulan formasi yang diajukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan  RB), ditetapkan.

Kepala BKD Provinsi Tarmizi, B. Sc, S. Sos mengungkapkan BKD telah menyampaikan usulan formasi CPNS karena diminta oleh KemenPAN dan RB untuk 206 CPNS. “Kita masih mengajukan formasi sesuai permintaan dari Kemen PAN dan RB pada Februari lalu. Semua pemerintahan di daerah diminta untuk menyampaikan formasi kalau memang dibutuhkan. Namun semua pengajuan masih akan digodok dan baru ketahuan Bengkulu dapat jatah berapa ada atau tidak,” papar Tarmizi saat dihubungi RB kemarin (14/3) sedang berada di Jakarta untuk menghadiri undangan dari Kemen PAN dan RB.

Tarmizi menjelaskan untuk syarat-syarat pelamar CPNS yang berminat mengikuti tes CPNS masih seperti tahun-tahun lalu. Pelamar harus mendaftar dengan melampirkan fotokopi KTP, pas foto 3 lembar ukuran 3×4, ijazah terakhir, transkrip nilai dan surat lamaran yang ditulis tangan.

“Setelah lulus, baru pelamar ini melengkapi berkas yang lain seperti SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan kartu kuning dari Disnakertrans. Sedangkan untuk berkas lamaran biasanya dikirim melalui via pos,” jelas Tarmizi.

Meski demikian, menurut Tarmizi, karena belum ada petunjuk teknis dari KemenPAN dan RB hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan jadwal pelaksanaan ataupun tata cara mengenai pelaksanaan CPNS. “Kalau sekarang belum ada jadwalnya, sehingga kita masih menunggu petunjuk dari KemenPAN dan RB,” ungkap Tarmizi.

Lanjut Tarmizi, jika  berpatokan dengan pelaksanaan tes CPNS tahun sebelumnya, kepastian Bengkulu mendapat jatah formasi atau tidak, turun bulan Juni. Setelah ada kepastian kuota, biasanya akan ada petunjuk dari KemenPAn dan RB mulai dari jadwal pendaftaran, batas penerimaan hingga pelaksanaan. “Turun formasi, kita langsung persiapan, dan Juli-Agustus biasanya jadwal penerimaan, sehingga tesnya diprediksi dilaksanakan Oktober,” kata Tarmizi.

Tarmizi juga menegaskan sebelum adanya kepastian kuota yang didapat untuk Provinsi Bengkulu, BKD belum berani untuk mengumumkan jurusan yang telah diusulkan. Dijelaskannya, jika diumumkan sebelum ada kepastian akan membuat pelamar kecewa jika ternyata usulan untuk jurusannya ditolak.

“Untuk formasi kalau diberi Alhamdulillah, kalau tidak dapat jatah juga akan kita umumkan. Makanya sekarang belum berani kita umumkan, takutnya orang sudah berharap. Bulan Juni kita sudah tahu kuotanya dan akan kita umumkan. Yang pasti BKD selalu siap untuk melaksanakan tes,” tegas Tarmizi.

Formasi yang akan diusulkan sesuai hasil Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) yang dilakukan Biro Organisasi Tata Laksana (Ortala). Data yang diperoleh RB, dari 206 formasi CPNS yang diperlukan, Pemprov mengajukan 23 formasi untuk kebutuhan khusus. Diantaranya penyelidik bumi, auditor, polhut, petugas survei dan pemetaan hutan, dokter spesialis jiwa, dokter spesialis RSUD, akuntan, penganalisis standarisasi produk pariwisata, pengkaji rekayasa budaya, ahli geologi vulkanologi.

Selanjutnya, tenaga surveyor geologi pertambangan, perekayasa alat tepat Guna, pemantau potensi wisata, penganalisis dampak lalu lintas jalan, penata laksanaan konservasi kawasan lindung dan terumbu karang.

Selain itu, sebanyak 89 CPNS untuk tenaga kesehatan dokter spesialis yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah DR. M Yunus (RSMY) dan Rumah Sakit Jiwa Soeprapto. Sementara 117 CPNS lagi tersebar di 21 formasi lainnya.(key)

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: