Kapolda: Anarkis, Diproses Hukum

Benny Mokalu

Benny Mokalu

RAKYAT BENGKULU, OL – Kapolda Bengkulu Brigjen. Pol. Drs. Beny Mokalu, SH mengatakan polisi akan bertindak tegas terhadap para pelaku anarkis yang telah membekar dan menghancurkan fasilitas milik PT Sandabi Indah Lestari (SIL).

Hingga Kamis (27/2), polisi sudah mengamankan dua orang pelaku. “Kami sudah menangkap dua orang dua pelaku. Mudah-mudahan terungkap pelaku-pelaku yang lain lagi,” tegas Benny. Dua pelaku yang ditangkap polisi tersebut adalah Ek dan To. Keduanya sudah ditahan di Polres Bengkulu Utara untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut.

Dikatakan Kapolda, pihaknya akan mencari akar permasalahan yang memicu konflik tersebut terjadi. ”Jika masyarakat mengatakan itu (lahan, red) milik mereka, mana buktinya? Namun sesuai arahan bapak Kapolri langsung kepada saya, jika ada orang melawan hukum apalagi dia anarkis, tidak ada alasan untuk tidak diproses hukum,” kata Benny ditemui wartawan usai pertemuan dengan Komisi I DPRD Provinsi.

Dia mengimbau, bila memang warga merasa memiliki hak atas lahan perkebunan di areal HGU (Hak Guna Usaha) PT. SIL tersebut, sebaiknya warga melapor ke pihak kepolisian, bukan dengan cara main hakim sendiri seperti melakukan pembakaran fasilitas. “Kalau main hakim sendiri, itu tidak dibenarkan. Sebab negara kita ini negara hukum,” tandasnya.(zie)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: