Lowongan CPNS Seluma

cpnsBENGKULU – Pemda Kabupaten Seluma tahun ini mendapat kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 30 orang. Namun diprediksi jumlah tersebut tidak akan bisa maksimal pelamarnya dari Seluma termasuk Provinsi Bengkulu.

Pasalnya, dinyakini sejumlah lowongan yang tersedia itu, belum ada sumber daya manusia (SDM) yang banyak jebolan perguruan tinggi (perti) dengan jurusan yang tersedia dalam penerimaan CPNS tahun ini.

 Seperti yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Seluma, Suparto untuk Kabupaten Seluma yang tersedia yakni Guru Teknik Otomotif dengan pelamar harus lulusan S1 Pendidikan Teknik Otomotif. Ini dibutuhkan sebanyak dua orang. Selanjutnya Guru Teknik Komputer dan Informatika, dengan pelamar minimal S1 Pendidikan Teknik Komputer Jaringan, dibutuhkan sebanyak dua orang.

 Selain itu, lowongan Guru Manajemen Perkantoran dan pelamarnya harus minimal lulusa S1 Pendidikan Manajemen Perkantoran. Dibutuhkan sebanyak tiga orang. Guru Ekonomi Akutansi, minimal harus berpendidikan S1 Pendidikan Ekonomi Akutansi, terbuka peluang bagi 2 orang. Dan kemudian Guru Audio Video, minimal lulusan S1 Pendidikan Elektronika. Dan terakhir dibutuhkan guru kelas untuk SD sebanyak 20 orang, dengan minimal pendidikan lulusan S1 PGSD.

 Sedangkan terbanyak nantinya untuk penempatan jika guru kejuruan adalah di SMKN 1 Seluma sebanyak satu orang, di SMKN 4 Seluma juga tiga orang, SMKN 2 Seluma sebanyak dua orang serta SMKN 3 Seluma juga sebanyak 2 orang.

 “SMK itu 10 orang dan guru kelas sebanyak 20 orang. Guru kelas ini rencana penempatannya diantaranya di SDN 86 Seluma, SDN 170 Seluma, SDN 180 Seluma, SDN 75 Seluma, SDN 148 Seluma, SDN 161 Seluma, SDN 49 Seluma dan SDN 172 Seluma. Berikutnya adalah di SDN 166 Seluma, SDN 131 Seluma, SDN 38 Seluma, SDN 178 Seluma, SDN 176 Seluma, SDN 135 Seluma, SDN 165 Seluma, SDN 43 Seluma, SDN 176 Seluma dan SDN 124 Seluma serta di SDN 154 Seluma,” beber Suparto.

 Suparto mengatakan, sejumlah lowongan yang tersedia untuk guru kejuruan, kecil kemungkinan akan diisi dari masrayakat Kabupaten Seluma termasuk se-Provinsi Bengkulu. Sebab diketahui, masih minim sekali perguruan tinggi (Perti) yang ada di Provinsi Bengkulu, membuka jurusan pendidikan untuk kejuruan di SMK. Sebab itu, pihaknya berencana akan menghubungi sejumlah perti di Padang, Bandung dan dari daerah lainnya, yang memang selama ini sudah ada jurusan tersebut dan sudah ada lulusannya.

 “Jika dari Seluma tidak ada calonnya, atau sepi pelamar, bisa jadi dari luar daerah nantinya. Sebab tidak mungkin kita menunggu Perti di Bengkulu mendidik guru-guru itu dulu. Makanya dari hasil konsultasi ke KemenPAN dan BKN, daerah tuan rumah penyelenggara harus siap mencari pelamar dari luar daerah. Karena tidak bisa dipaksakan, jika memang didaerah itu sendiri tidak ada jebolan pendidikan untuk jurusan itu,” terang Suparto.

 Suparto juga mengingatkan, sejumlah piagam atau sertifikasi pelatihan atau seminar apapun, tidak akan dapat membantu besar dalam mengikuti seleksi tes CPNS. Namun diharapkan, dengan banyak memiliki sertifikait atau piagam apapun, diharapkan bisa menunjukkan kemampuan lebinya selama mengikuti dan menyelesaikan sejumlah soal yang diujikan.

 “Jadi jangan berbangga hati banyak punya sertifikat sekalipun sertifikat itu asalnya dari luar negeri. Jika pendidikan tidak memenuhi criteria, dan saat mengikuti tes, hasilnya tidak memenuhi standar nilai, tetap tidak akan lolos menjadi PNS. Jadi kuncinya ya belajar dari sekarang,” tukasnya. (ble/hue)

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

4 Responses

  1. Mudah2an lancar,bravo seluma………

  2. Muda-mudahan dalam pelaksanaan pelimilihan CPNS 2013 ini,,Berjalan dengan lancar jujur dan sesuai dengan yang kita inginkan AMIN,,,,, trims,,,

  3. udah lewat ya pendaftaran cpns nya
    jika belum tolong kasih tau cara & infonya
    Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*
*