Pemda Belum Bayar Utang Sertifikasi Guru

sertifikasi-guruARGA MAKMUR – Meski sudah berjanji akan melunasi tunggakan pembayaran dana sertifikasi 1.666 guru di Bengkulu Utara (BU) selama 3 bulan sejak 3 minggu lalu, namun hingga kemarin (8/7)
janji tersebut belum direalisasikan oleh Pemda BU.
Sementara beberapa guru mengaku sangat menunggu janji yang dilontarkan Bupati BU tersebut, terutama menghadapi bulan suci Ramadhan dan tahun ajaran baru. Mereka berharap pemda segera merealisasikan pembayaran utang. “Itukan sudah sangat lama sekali, sejak tahun 2011 dan 2012. Makanya kami (guru,red) minta segera dibayar. Apalagi saat ini guru butuh dana itu untuk biaya pendidikan anak,” tutur salah satu guru.

Smentara Bupati BU Dr. Ir. HM. Imron Rosyadi, MM, M.Si mengaku belum merealisasikan janji pembayaran utang sertifikasi tersebut. Namun ia memastikan dalam bulan ini utang sertifi kasi 2011-2012 selama 3 bulan akan dibayar. “Sekarang masih dalam tahap pendataan untuk pembayaran, kalau sudah selesai akan langsung kita bayar,” kata Imron.
Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) baru tuntas mendata dan membayar gaji 13 PNS BU yang jumlahnya hampir 5.000 orang. Kini DPKAD baru memulai pendataan untuk pembayaran utang sertifi kasi guru. “Secepatnya akan dibayar, jika semua proses administrasi sudah selesai,” tegas Imron.
Tak hanya utang 2 tahun terakhir, kekurangan bayar tahun 2013 akan dibayar normal tiap triwulan dan kemungkinan akan dibayar bersamaan dengan tunggakan dua tahun. “Kita sudah mengupayakan dana dari pusat, karena tunggakan itu akibat kurangnya dana tranfer dari pusat, bukan kesalahan daerah. Tapi untuk pembayaran, kita masih akan melakukan proses administrasi lagi,” demikian Imron.(qia)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: