Pemda Rancang 5 Pilkades

pilkades_1TUBEI – Pascamundurnya 5 kepala desa (kades) yang masuk Daftar Calon Sementara (DCS) pemilihan legislatif 2014 mendatang, Pemda Lebong langsung mempersiapkan rencana pemilihan kades di 5 desa tersebut. Masing-masing Desa Sukau Kayo Kecamatan Lebong Atas, Desa Kampung Dalam Kecamatan Lebong Utara, Desa Ladang Palembang Kecamatan Lebong Utara, Desa Semelako II Kecamatan Lebong Tengah dan Desa Talang Baru 1 Kecamatan Topos.

Dijelaskan Asisten I Setda Lebong H. John Ferianto, S.Sos, MM, hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terhambatnya roda pemerintah di masing-masing desa.

‘’Saat ini 5 desa tersebut dipimpin oleh Pjs yang sudah di-SK-kan oleh Bupati Lebong. Mereka juga sudah kita minta untuk segera melakukan persiapan pilkades,’’ terang John.

Langkah awal, lanjut John, seluruh desa diminta mengajukan susunan panitia pilkades tingkat desa terlebih dahulu ke Pemda Lebong melalui Bagian Pemerintahan Setda Lebong. Selanjutnya setelah disampaikan, usulan kepanitian tersebut langsung disampaikan kepada Bupati Lebong untuk di-SK-kan. ‘’Setelah SK panitia keluar, persiapan untuk memulai tahapan bisa segera dimulai oleh panitia,’’ lanjut John.

Ditambah John, hingga kemarin (17/7) sudah 4 desa yang menyampaikan usulan kepanitian pilkades. Masing-masing Desa Sukau Kayo, Desa Kampung Dalam, Desa Ladang Palembang dan Desa Semelako II. Tinggal satu lagi yang belum menyampaikan usulan panitia, yaitu Desa Talang Baru 1 Kecamatan Topos.

‘’Tapi tadi (kemarin, red) saya sudah hubungi Camat Topos agar meminta Desa Talang Baru I segera mengajukan usulan panitia pilkades. Target kita sebelum lebaran SK panitia sudah disahkan dan panitia sudah bisa mulai menyusunan tahapan pilkades mereka masing-masing. Sehingga paling lambat awal September 2013, 5 pilkades tersebut sudah terlaksana semua,’’ demikian John.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*
*