Pencairan Sertifikasi,Tunggu SK Kemendiknas

uangKOTA BINTUHAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kabupaten Kaur, belum memberikan sinyal terhadap pencairan dana sertifikasi guru tahun 2013. Pasalnya Dispenbud belum menerima surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) dan Menteri Keuangan (Kemenkeu). Ini dijelaskan Kadispenbud Kabupaten Kaur melalui Kasubag Kepegawaian Medi Mursalin, kepada RB kemarin.

Dijelaskan, sampai kemarin Dispenbud Kaur belum terima petunjuk dari Kemendiknas dan Kemenkeu tetang mekanisme pembayaran tunjangan sertifikasi. Tidak hanya itu, Dispenbud Kaur juga belum dapat memastikan kalau uang tunjangan sertifikasi yang diajukan tersebut telah masuk ke kas daerah atau belum. Mengingat pihaknya belum menerima pemberitahuan.

‘’Tunjangan sertifikasi belum dapat cairkan, karena kami masih menunggu SK dari dua kementerian. Yakni Kemendiknas dan Kemenkeu terlebih dahulu. Biasanya, akhir Maret SK-nya sudah. Jadi April– tunjangan sertifikasi sudah bisa kita bayarkan yakni untuk bulan Januari dan Maret. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini SK-nya sudah turun,’’ jelas Medi Mursalin.

Tahun 2013 Dispenbud Kabupaten Kaur telah mengajukan anggaran Rp 26 miliar untuk bayar tunjangan sertifikasi guru. Dana sebesar itu, juga untuk bayar kekurangan tunjangan sertifikasi tahun 2012 selama tiga bulan.

Sementara tahun 2013 jumlah penerima tunjangan sertifikasi sebanyak 588 guru dan  ditambah yang lulus Desember 2012– sebanyak 77 orang. Jadi jumlah guru penerima sertifikasi tahun 2013 menjadi 665 guru. Sementara dana Rp 26 miliar yang diusul tersebut kembali mengalami kekurangan. Karena 77 penerima sertifikasi yang baru lulus harus dibayar tahun 2013.

Selain tunjangan sertifikasi, tunjangan non sertifikasi juga akan dibayar. Untuk tunjangan non sertifikasi tahun 2013, sebanyak 881 guru dari berbagai tingkatan. Untuk guru SD 541 orang, guru SMP 191 orang. Dan guru SMA dan SMK masing-masing 97 dan 33 orang.

‘’Penerima tunjangan non sertifikasi tahun 2013 tidak ada kenaikan. Sama seperti tahun sebelumnya. Setiap guru mendapat tunjangan sebesar Rp 250 ribu/bulan, yang akan dibayarkan per triwulan,” demikian Medi.(cik)

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

2 Responses

  1. Hak guru mempreolh TPG jumlah guru dan nominal sdh jelas mengapa mentri blom Ω̴̩̩̩̥ϑⓐ SK padahal bulan ini triwulan 1 sdh harus cair

  2. hmmm banyak banget duitnya. tolong donk buat para dosen swasta disejahterakan. manusia dosen pns dan swasta kan sama saja cuman kesempatan jadi pns saja yang beda. tolong di bantu donk kesejahteraannya biar tidak menderita hidupnya dan biar lebih fokus ngajarnya, hmmm jangan dibedakan donk

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: