Proses Pencairan Gaji ke-13 Dimulai Besok

PNS Pemprov Ketika Apel Senin Pagi-Masri (1)BENGKULU – Meski Dirjend Perbendaharaan Kemenkeu Agus Sprijianto menyampaikan gaji ke-13 PNS dapat dicairkan Senin (1/7) besok, namun PNS Pemprov Bengkulu diharapkan bersabar. Sebab Pemda Provinsi melalui Biro Pengelolaan Keuangan Setdaprov baru bisa memproses pencairannya, Selasa (2/7) lusa.

 Sebab, Senin besok Biro Pengelolaan Keuangan Setdaprov Bengkulu baru akan melakukan penyesuaian sistem pembayaran gaji. Kabar tersebut disampaikan oleh Karo Pengelolaan Keuangan Setdaprov, Hj. Yuliswani, SE, MM, Sabtu (29/6).

“Karena harus ada penyesuaian sistem pengkajian, Senin (1/7) diproses dulu. Besoknya (2/7), mungkin baru bisa dicairkan oleh bendahara (SKPD,red) masing-masing,” kata Yuliswani, Sabtu (29/6) siang.

 Dia mengatakan, proses pencairan tidak akan memakan waktu yang lama. Untuk itu, PNS di lingkungan Pemda Provinsi tidak perlu khawatir. “Proses pencairannya seperti biasanya,” tambah Yuliswani singkat.

 Sebelumnya Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Agus Suprijanto mengatakan, anggaran untuk pembayaran gaji ke-13 bagi PNS di pusat maupun daerah sudah didistribusikan ke setiap satuan kerja. Payung hukum untuk pencairan gaji ke-13 sudah lengkap. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2013 sudah diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 20 Juni, sedangkan Peraturan Menkeu Nomor 92 Tahun 2013 sudah diteken Menkeu Chatib Basri pada 25 Juni.

  Menurut Agus, SBY juga menginstruksikan pencairan gaji ke-13 dilakukan secepatnya. Sebab, gaji tambahan tersebut diharapkan bisa membantu para PNS dalam menghadapi dampak kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi. “Karena itu, penting untuk segera dicairkan,” katanya.

  Agus memastikan, anggaran untuk dana gaji ke-13 sudah siap. Dia menyebut, untuk kementerian atau lembaga non kementerian di pemerintah pusat, anggaran sudah ditransfer ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN). Adapun untuk PNS di daerah, anggaran sudah ditransfer dalam bentuk dana alokasi umum (DAU). “Jadi, semua sudah siap, tinggal dicairkan saja,” ucapnya. (ble)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*
*