Raskin Benteng Diambil ke Bulog

raskinKARANG TINGGI – Sebanyak 143 kepala desa dan 1 kelurahan di Bengkulu Tengah sudah bisa mengajukan pengambilan beras miskin (raskin) ke bulog Bengkulu. SK Bupati sudah dikeluarkan dan rapat koordinasi dengan kecamatan dan bulog sudah digelar. Pernyataan ini disampaikan Kepala Administrasi Bagian Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerag Benteng, Syavera ST.

Diungkapkan Syavera, kuota penerima raskin Benteng tahun 2013 mencapai 4.925 RTS, jumlah berasnya 73.875 ton dan pagu beras selama 1 tahun untuk RTS 886.500 kg. Pengambilan beras dapat dilakukan untuk triwulan pertama, hingga April. “Administrasinya sudah selesai. Sekarang tinggal urusan kepala desa yang bisa melalui kecamatan, mengambil jatah raskin ke bulog,” kata Syavera.

Sesuai data dan kuota dalam SK Bupati, rumah tangga sasaran untuk dpaat jatah raskin dalam 1 tahun 2013 yakni, Karang Tinggi 346 RTS, Talang Empat 420 RTS, Taba Penanjung 795 RTS, Merigi Kelindang 312 RTS, Pagar Jati 412 RTS, Merigi Kelindang 388 RTS, Pondok Kubang 382 RTS, Pondok Kelapa jadi 1.326, Bang Haji 187 RTS dan Pematang Tiga 357 RTS.

“Tinggal kebijakan kepala desa, supaya penyaluran raskin tidak ribut. Dengan jumlah kuota RTS dan jumlah beras yang didapatkan, bisa dibagi ke masyarakat miskin tanpa harus mengurangi jatah masing-masing RTS. Jika ada kelebihan jatah, bisa dialihkan ke warga miskin lainnya. Tetapi tidak bisa ditambahkan lagi jatah RTS per kecematan, sebab sesuai SK,” tambahnya.

Menurut Syavera, kuota RTS sebagai penerima raskin bisa saja berubah, jika menyesuaikan dengan data terbaru hasil verifikasi tim Nasional Percepatan penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) baru-baru ini diturunkan. “Mudah-mudahan raskin untuk tahun mendatang atau akhir tahun 2013, bisa berubah kuotanya sesuai jumlah warga miskin valid,” tutup Syavera.(rif)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: