SMA 1 Kepahiang Juara 1

BENGKULU – Babak final cerdas cermat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang digagas MPR RI, dihelat kemarin (22/2) di Hotel Fafles City. Hasilnya, SMA 1 Kepahiang berhasil menaklukan SMA 3 Seluma dan SMAN 1 Curup Selatan.

Kemenangan itu otomotis juga menjadikan tim cerdas cermat SMAN 1 Kepahiang menjadi utusan Bengkulu pada ajang serupa tingkat nasional dan bertanding dengan 34 provinsi lain5-Anya. Tangis haru kemenangan pun tampak dari siswa SMAN 1 Kepahiang Fadli (16) yang timnya berhasil meraih poin 215.

Jalannya babak final seru dan menegangkan. Dewan juri yakni Angota MPR RI daerah pemilihan Bengkulu Drs. Rully Chairul Azwar, praktisi pendidikan Bengkulu Dr. Zakaria, M. Pd dan anggota MPR Otong Abdul Rahman dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) silih berganti memberikan poin.

Tanda kemenangan tim SMAN 1 Kepahiang seolah sudah terlihat dibabak-babak awal pertandingan. Dari tiga babak yang harus dilalui, mereka selalu unggul dari dua ting lainnya.

Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S. Ag, M. Pd didampingi Wakil Ketua MPR dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Dr. Syafruddin AB, SE, M. Si mengapresiasi tinggi lomba cerdas cermat tersebut. “Atas prestasi kalian ini, secara otomatis kalian adalah merupakan duta-duta pelajar di Bengkulu, dalam menegakkan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” kata Junaidi.

Melalui Cerdas Cermat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang intensif dan menyeluruh, sambung Junaidi, diharapkan seluruh masyarakat dapat secara sadar memahami nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila dan UUD 1945 adalah pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian kata Junaidi akan terdapat kesepahaman yang utuh mendorong terwujudnya bangsa Indonesia yang taat akan konstitusi. Oleh karena itu sosialisasi harus terus menerus dilakukan berbagai kalangan masyarakat tanpa mengenal lelah dan tanpa mengenal batasan waktu,” pintanya. (iks)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: