SPMU Unib Dimulai 30 Juli

Logo UnibSELEKSI Penerimaan Mahasiswa Unib (SPMU) dipastikan akan digeber tahun ini. Berdasarkan kalender akademik, masa tes dijadwalkan 30 Juli hingga 3 Agustus 2013. Tahun ini Universitas Bengkulu (Unib) menyediakan kuota minimal 20 persen dari kuota masing-masing program studi.

Ketua Humas Universitas Bengkulu (Unib) Suharyanto, S.Pt, M.Si mengatakan, hingga kini teknis pelaksanaan SPMU masih digarap pihaknya. Termasuk waktu pelaksanaan juga belum ditentukan. “Sekarang masih fokus SBMPTN. Setelah itu baru disusun teknis pelaksanaan SPMU,” katanya.

Meski demikian, pendaftaran SPMU dirancang akan dipungut biaya dan seleksi dilakukan dengan tes tertulis dan tes keterampilan untuk program studi tertentu. “Tahun ini ada perubahan kebijakan, terutama menyangkut sumbangan biaya pendidikan,” imbuhnya seraya menambahkan peserta yang diterima yakni lulusan SMA sederajat dan lulusan paket C tahun 2011, 2012, 2013.

Seperti diketahui, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah ditutup 7 Juni lalu. Sementara ujian tertulis akan digelar 18–19 Juni 2013. Sedangkan ujian keterampilan, khusus program studi tertentu seperti keolahragaan dan ilmu seni, dilaksanakan 20 dan 21 Juni 2013.

“Tahun ini Unib mengalokasikan 1.004 kursi yang tersebar di 34 program studi S1 reguler melalui jalur SBMPTN,” ungkap Suharyanto.

Suharyanto menuturkan, tahun 2013 ini pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dilakukan dengan tiga pola, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri yang disebut Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unib (SPMU).

“Kuota untuk pola SNMPTN adalah 50 persen, SBMPTN kuotanya 30 persen, sedangkan pola mandiri atau SPMU kuotanya minimal 20 persen dari kuota masing-masing program studi,” ungkap Suharyanto.

Sementara itu, Program Studi yang Ditawarkan di Unib terbagi dalam 8 fakultas. Yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Penddidikan Jasmani dan Kesehatan.

Fakultas Hukum, jurusan Ilmu Hukum. Fakultas Ekonomi, jurusan Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Sosiologi. Fakultas Pertanian, jurusan Agroekoteknologi, Teknologi Industri Pertanian, Peternakan, Agribisnis, Kehutanan, Ilmu Kelautan.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, jurusan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi. Fakultas Teknik, jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Sipil. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, jurusan Pendidikan Dokter. (rei)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*
*