Sup Remis Kaya Manfaat

SIAPA yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, sup remis. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas di bumi serasan seijon Kabupaten Seluma. Bahkan menjai favorit masyarakat dalam maupun luar Seluma. Terbukti setiap kali ada yang mampir makan di sejumlah rumah makan di Seluma, pasti menanyakan sup remis ini.

 Makanan ini terbilang sedikit mahal, sebab sulit mendapatkan remis. Remis yang belum dimasak di Seluma dijual per buah. Untuk 100 buah remis baik itu ukuran besar ataupun kecil, dihargai sekitar Rp 25 ribu bahkan terkadang lebih dari itu.

 Tidak sulit untuk membuat dan memasak sup remis. Cukup sediakan remisnya, daun bawang, daun salam, seledri dan lengkuas yang kesemuanya diiris biasa kecuali remis. Remisnya, sebaiknya dibuka dulu untuk mudah mencuci dan membersihkannya dari pasir.

 Setelah dibuka cukup dicuci tanpa perlu memisahkan isinya dengang kerangnya. Selanjutnya ditambah bumbu secukupnya dan dimasukkan dalam kuali beserta bumbu dan resmi secara bersamaan. Tinggal ditunggu matang seraya sesekali diaduk hingga sekitar setengah jam, barulah sup remis matang dan siap dinikmati.

 Di rumah makan Seluma, biasanya perposi dijual Rp 10 ribu, seukuran piring kecil. “Ini paling dicari kalau ada yang dari luar seluma mampir makan,” ujar Debi, salah satu warga yang menjual sup remis ini dan pemilik rumah makan juga.

 Manfaat remis? Warga sekitar sering mengatakan bagus dikonsumsi dan bisa mengobati sakit kuning. Namun dari sejumlah sumber menerangkan, remis mengandung selenium, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B, seng dan yodium, unsur kimia yang membantu tiroid yang kurang aktif untuk memproduksi tirosin. Remis juga memiliki kandungan tertinggi asam lemak omega-3, asam folat serta vitamin B12, nutrisi yang berkontribusi membantu mengatasi kelelahan, kebingungan dan kerusakan saraf. (hue)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*
*