Tes CPNS, Pemda BU Hanya Siapkan Tempat

CPNSARGA MAKMUR – Harapan tes CPNS tahun ini akan berlangsung bersih makin terbuka. Pasalnya tes tak akan ditangani pemerintah daerah, melainkan langsung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

            Sekda BU Drs. Said Idrus Albar, MM mengatakan jika Pemda BU dapat kuota CPNS Agustus ini, maka mereka hanya akan menyiapkan lokasi tes. Pemda tidak lagi menentukan universitas yang akan diajak bekerjasama dalam pembuatan dan pengoreksian soal.

“Untuk universitas sudah ada hasil konsorsium 10 universitas, jadi menteri yang akan menunjuk,” terang Sekda.

            Tak hanya tes CPNS umum, tes CPNS Ketegori II dipastikan tidak bisa “diganggugugat” oleh Pemda BU. Honorer yang dinyatakan lulus administrasi akan ikut tes yang dikelola langsung oleh kementerian. “Kalau berdasarkan petunjuk, kita hanya diberitahukan mengenai pentahapan dan menyiapkan lokasi. Setelah itu, mulai dari distribusi soal hingga nama-nama CPNS yang lulus semuanya ditentukan kemenpan dan tidak ada panitia lokal,” terang Idrus.

            Saat ini Pemda BU tinggal menunggu kepastian apakah usulan 2.000 CPNS baru yang disampaikan pada Kemen PAN-RB disetujui atau tidak. Jika tidak, praktis tes yang dilakukan Agustus mendatang khusus bagi tes CPNS honorer Ketegori II. “Sampai saat ini masih 50:50, usulan formasi kita bisa diterima atau bahkan ditolak,” tegasnya.

            Namun pemda sudah menyiapkan dana Rp 600 juta yang dianggarkan dalam APBD untuk pelaksanaan tes. Bahkan alokasi dana tersebut sudah termasuk untuk biaya kerjasama universitas. “Tapi Rp 600 juta itu bukan hanya untuk tes PNS umum, itu termasuk pengangkatan PNS KI dan tes KII,” demikian Idrus.(qia)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: