Tunggakan Uang Sertifikasi Guru Dibayar Bulan Depan

Imron Rosyadi

Imron Rosyadi

ARGA MAKMUR – Ini kabar baik bagi 1.666 guru di Bengkulu Utara (BU) yang dinyatakan berhak menerima dana Sertifikasi. Paling lambat Dinas Pendidikan dan Kebudyaan (Dikbud) BU akan membayar sisa hutang pembayaran sertifikasi selama 3 bulan bulan depan.

 Penegasan ini disampaikan Bupati BU Dr. Ir. HM. Imron Rosyadi, MM, M.Si di hadapan 3.000 guru yang hadir dalam acara silaturahmi antara Pemda BU dan Guru di BU.

Diperkirakan, utang yang harus dibayarkan Pemda BU kepada guru penerima sertifikasi mencapai Rp 16 miliar lebih. Tiga bulan utang sertifikasi Pemda BU yang akan dibayar paling lambat bulan depan masing-masing 1 bulan Tahun 2011 dan 2 bulan di tahun 2012. Sedangkan kekurangan 1 bulan pada pembayaran triwulan pertama tahun ini akan tetap dibayarkan tahun 2013 meski tidak berbarengan dengan tunggakan tahun 2011 dan 2012. “Kita akan bayarkan dalam waktu dekat ini, saat ini masih dalam proses. Yang jelas sudah ada ketegasan untuk pembayaran itu,” kata Imron.

Sementara itu, Kadis Dikbud Haryadi, S.Pd, MM mengungkapkan saat ini Dikbud masih melakukan proses pendataan untuk pengusulan pencairan dana yang bersumber dari APBN. Namun diperkirakannya bulan depan dana hutang sertifikasi itu akan bisa dicairkan.

“Keterangan itu kita dapatkan dari koordinasi dengan Kementerian, makanya, makanya kita berani menginformasikan dengan guru penerima. Saat ini kita tengah melakukan pengurusan administrasi,” kata Haryadi.

3.000 Guru Diundang

Dalam acara kemarin, Bupati Imron mengundang sekitar 3.000 guru ke Balai Daerah BU. Para guru ini sengaja dikumpulkan Bupati yang ingin menyampaikan terima kasih atas kerja keras guru yang telah membawa nilai kelulusan maupun persentase kelulusan BU sangat memuaskan di tingkat Provinsi Bengkulu.

 “Saya tahu benar beban bapak dan ibu guru selama pelaksanaan Ujian, lebih berat dari siswa yang mengikuti ujian. Makanya setelah kita berhasil, saya sangat berterimakasih pada para guru ini yang telah bekerjakeras,” kata Imron.

Imron juga tak lupa memberikan uang pendidikan pada 10 besar nilai peraih Ujian Nasional (Unas) tertinggi tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di BU maupun siswa-siswa yang masuk 10 besar Provinsi. Kemarin para siswa jenius itu dikumpulkan di balai daerah untuk menerima hadiah lansgung dari Bupati. (qia)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: