Tunjangan Sertifikasi 1.347 Guru Cair Pekan Ini

Dok Guru Pemkot Bengkulu (1)BENGKULU – Sebanyak 1.347 guru sertifikasi di Kota Bengkulu meliputi 748 guru SD, 495 guru SMP/SMA dan 104 guru PAUD akan menerima pembayaran tunjangan sertifikasi.

Dana untuk pembayarannya sudah dikucurkan Kementerian Keuangan RI periode pertama Rp 13,12 miliar melalui kas daerah. Begitu pula SK Dirjen Keuangan sebagai syarat pencairan tunjangan guru sertifikasi sudah diterbitkan.

“Jika tidak ada halangan, dalam minggu ini atau awal bulan depan sudah bisa cair. Saat ini tim kita sedang sibuk mengurus validasi syarat-syarat pencairan yang untuk disampaikan ke DPPKA,” ujar Kepala Dinas Diknas Kota Bengkulu Marjon, M.Pd, Senin (22/4).

Marjon menambahkan, pencairan tunjangan sertifikasi guru tersetbu terhitung Januari 2013 hingga Maret 2013. “Kalaupun pencairannya dilakukan pada Mei nanti, tetap dihitung dari Januari hingga Maret. Pencairannya ke tiap rekening sertifikasi guru yang berhak menerimanya,” ujar Marjon.

 2.173 Guru Belum Dapat SK Sertifikasi

Terpisah, Kassubag Pegawaian Dinas Diknas Kota Bengkulu Firman Junaidi mengatakan, sebanyak 2.173 guru sertifikasi masih belum mendapatkan SK Dirjen. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini SK sertifikasi itu keluar. Jika nanti sudah keluar, proses pembayaran tetap sesuai prosedur, per triwulan,” ujar Firman.

Untuk Uji Kompetensi Guru (UKG) yang untuk pemetaan kompetensi sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan tahun ini, tambah Firman, Dinas Diknas Kota Bengkulu belum mendapatkan informasi terkait kapan pelaksanananya. Karena pelaksanaan UKG dilakukan oleh panitia dari FKIP Unib.

Sedangkan untuk jumlah yang guru yang belum sertifikasi sekitar 2.194 orang. “Dalam syarat sertifikasi itu adalah mengajar 24 jam. Kekurangan jam mengajar terekam melalui data pokok pendidikan (dapodik) yang dikirimkan melalui sistem aplikasi langsung ke pusat. Dan yang terpenting itu lagi dalam UKG nanti, yang utama itu guru harus bisa mengaplikasikan penggunaan komputer,” kata Firman. (new)

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: