Home / METROPOLIS / Mengunjungi Kapal Kepresidenan KAL Yudhistira

Mengunjungi Kapal Kepresidenan KAL Yudhistira

Dilengkapi President Suite Room, Tempat Menginap Presiden SBY

Kapal TNI AL (KAL) Yudhistira merupakan salah satu kapal teristimewa di Indonesia. Tak semua pejabat negara Republik Indonesia (RI) dapat menikmati fasilitas kapal mewah ini karena merupakan kapal VVIP. Kapal ini adalah kapal khusus untuk ditumpangi Presiden RI maupun pejabat utama TNI AL. General Manager Harian Rakyat Bengkulu (RB) Pihan Pino bersama wartawan RB berkesempatan menikmati kemewahan kapal yang sedang bersandar di Pelabuhan Pulau Baai untuk mengisi bahan bakar, kemarin (4/4). Simak liputannya.

TUSDA ADHAM, Bengkulu

KAPAL berukuran panjang kurang lebih 30,5 meter dengan lebar 6 meter ini bersandar di Pelabuhan Pulau Baai sejak Kamis (31/3) pagi. Rencananya pagi ini akan melanjutkan perjalanan ke Padang Sumatera Barat untuk mengikuti kegiatan Multilateral Naval Excercise Komodo (MNEK) TA 2016 di.

 

Kesan pertama saat RB meninjau Kal Yudhistira yang dipersenjatai lengkap itu, adalah desain kapal yang halus dalam performance atau penampilan. Kapal ini memiliki tiga lantai tersebut ternyata di dalamnya terdapat ruangan (room VVIP/VIP) atau disebut “President Suite Room”.

 

Letak ruang tersebut yakni tepatnya di lantai dasar atau dek satu. Suasana di ruang President Suite Room tersebut tampak sebuah kamar istirahat didesain eksklusif layaknya ruangan kamar hotel bintang lima, berikut kamar mandi yang dilengkapi berbagai sarana yang memadai.

 

Komandan KAL Yudhistira Lettu Laut (P). Agung Jaya Putra didampingi Pasi Intel Lanal Bengkulu Kapten Sidiq menceritakan, kapal tersebut sudah beberapa kali ditumpangi Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY). Bahkan SBY pernah meningap semalam di sana.

 

“Baru Pak Presiden SBY yang menumpangi kapal ini. Memang ada ruang tempat tidur khusus hanya untuk Presiden,” kata Agung.

 

Lebih lanjut dijelaskan Agung, KAL Yudhistira sering digunakan oleh perwira tinggi TNI AL atau KASAL. KAL Yudhistira mempunyai arti penting di lingkungan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar). Yaitu sebagai kapal pendukung protokoler dimana sewaktu-waktu dituntut harus siap dioperasikan untuk melaksanakan tugas dari pimpinan.

 

Tugas tersebut bukanlah tugas yang ringan, sehinggga menuntut semangat juang yang tinggi, sikap patriotik, berani dan tahan uji. Serta semangat untuk maju dengan disiplin, loyalitas dan dedikasi yang tinggi, sehingga mampu mengatasi segala permasalahan.

 

Dengan segala keterbatasan dan kondisi teknis yang ada KAL Yudhistira mampu melaksanakan fungsinya dengan baik. Keberhasilan tersebut banyak ditentukan karena adanya integrasi usaha serta sinergi pemikiran antar personel dalam nuansa kekompakan antar departemen, kebersamaan dan kekeluargaan tanpa mengabaikan keberadan fungsi dan peran KAL.

Untuk diketahui, kapal ini dibuat tahun 2007 di Tangerang dilengkapi senjata di bagian depan. KAL Yudhistira diawaki 25 personel TNI AL.(**)

 

 

Baca Juga ...

Reklamasi Pulau Tikus, Awas Pidana

BENGKULU – Wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan melakukan reklamasi dan berencana merubah nama Pulau ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.