Home / METROPOLIS / Ini Dia Syarat Calon TPHD Transportasi CJH Dilelang

Ini Dia Syarat Calon TPHD Transportasi CJH Dilelang

BENGKULU – Ini informasi penting bagi umat muslim yang ingin mengikuti seleksi calon Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) tahun 2017 ini. Pemda Provinsi Bengkulu sudah menetapkan syarat seleksi sesuai dengan pedoman perekrutan petugas haji yang dikeluarkan Kementerian Agama RI.

Ada beberapa persyaratan yang akan ditetapkan. Diantaranya laki-laki atau perempuan, usia minimal 30 tahun dan maksimal 55 tahun. Selain itu pendidikan diutamakan strata satu (S1) dan diutamakan sudah menunaikan ibadah haji dan mampu berbahasa Arab dan Inggris, serta dapat membaca Alquran dan menguasai manasik haji.

Lalu memiliki kekemampuan managerial dan koordinasi. Khusus untuk kesehatan, wajib memiliki sertifikat kompetensi kesehatan. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Pemprov Rehal Ikmal, SH, M.Si mengakui pihaknya tidak akan keluar dari pedoman perekrutan petugas haji yang sudah ditetapkan Kemenag. Akan tetapi dari sebanyak 11 kuota akan diperebutkan itu, akan disusun untuk tiga kategori. Yakni pelayanan umum, kesehatan dan ibadah.

‘’Kita tahun ini (2017,red) perioritaskan untuk lebih banyak petugas TPHD pelayanan umumnya. Sebab yang pelayanan kesehatan itu sudah ada TKIH dan untuk ibadah juga sudah TPIHI. Sehingga jika selama ini masing-masing kuota dibagi rata, untuk musim haji kali ini, bisa 50 persen itu untuk pelayanan umum. Sisanya pelayanan ibadah dan kesehatan,’’ terang Rehal kepada RB kemarin.

Diungkapkan Rehal, dalam seleksi dilakukan tes tertulis dan wawancara. Pihaknya akan mengambil sesuai perangkingan sesuai kategori pelayanan yang akan dibutuhkan. Seleksi dilakukan langsung oleh Pansel yang melibatkan Kemenag, MUI, serta tokoh masyarakat serta akademisi.

‘’Harapan kita TPHD ini nanti benar-benar untuk melayani para jamaah. Kita tidak ingin mereka sibuk dengan ibadahnya masing-masing. TPHD fokus ke pelayanan. Sebab biaya pemberangkatan mereka ditanggung APBD. Baik pelayanan mulai dari Asrama Haji Antara Bengkulu sampai ke di Tanah Suci dan kembali pulang,’’ terangnya.

Disisi lain Rehal juga mengakui kalau untuk persiapan pemberangkatan walaupun waktunya masih beberapa bulan lagi tapi sudah dipersiapkan. Seperti proses lelang transportasi CJH dari Bengkulu ke Padang. CJH akan difasilitasi transportasi udara pulag pergi dari Bengkulu-Padang. Alokasi anggaran yang ditanggung Pemprov melalui APBD sudah disiapkan .

‘’Pelayanan CJH nantinya, mulai dari kendaraan transportasi pengangkut barang seperti koper dan tan tentengan disiapkan pemerintah Provinsi dari Asrama Haji ke Bandara. Kemudian bus jamaah menuju pesawat juga disiapkan,’’ paparnya.

Panitia Sedikit

Diakui Rehal, untuk panitia penyelenggaraan ibadah haji juga akan dikurangi. Pihaknya akan benar-benar menetapkan panitia yang ingin bekerja. Kemudian hasilnya dapat mensukseskan pemberangkatan dan pemulangan CJH. ‘’Kita tidak perlu banyak panitia, selain pemborosan anggaran, juga hasilnya belum tentu maksimal. Tapi kalau sedikit dan hasilnya maksimal, itu yang diharapkan,’’ pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Camat dan Lurah Masuk Peta Mutasi

BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu tidak hanya fokus untuk kembali melakukan lelang jabatan pejabat eselon ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *