Selasa , 12 Desember 2017
Home / BENGKULU SELATAN / Marak e-KTP Palsu, Jangan Lewat Calo

Marak e-KTP Palsu, Jangan Lewat Calo

KOTA MANNA – Maraknya dokumen kependudukan palsu mulai dari e-KTP dan KK seperti terjadi di Kota Bengkulu, ikut menjadi perhatian serius Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Kepala Dinas Dukcapil BS, Gunawan Suryadi, S.Sos, mengimbau masyarakat BS jangan menggunakan jasa perantara atau calo.

“Kita imbau masyarakat BS bila membutuhkan dokumen kependudukan, hendaknya berurusan sendiri ke kantor dukcapil. Jangan melalui perantara dengan iming-iming cepat selesai, guna menghindari dokumen palsu,” imbuh Gunawan.

Antara dokumen kependudukan yang asli dan palsu, kata Gunawan, sangatlah berbeda. Misalnya untuk e-KTP ciri-cirinya, yang palsu tak memiliki chip dan tentunya tidak bisa terhubung secara online dengan database kependudukan jika dipergunakan. “Belum ada laporan yang masuk soal E-KTP palsu atau dokumen kependudukan lainnya beredar di BS. Mudah-mudahan tidak ada sama sekali, kalaupun ada silahkan lapor langsung dengan dukcapil supaya bisa ditindaklanjuti,” kata Gunawan.

Gunawan menambahkan, proses pembuatan e-KTP saat ini terlambat karenak gangguan proses pengiriman data di database pusat dan kekosoangan blanko. Namun untuk menanggulangi hal tersebut, Dukcapil BS akan mengeluarkan surat keterangan sementara dapat dipergunakan untuk keperlunan  dalam pelayanan pembuatan SIM, perkawinan, paspor, perbankan, dan lain-lain.

‘’Tak menutup kemungkinan bisa saja dengan kondisi kekosoangan blanko e-KTP di BS saat ini dimanfaatkan orang untuk menipu. Untuk itu masyarakat jangan mau menggunakan perantara, dengan diiming-imingi cepat selesai,” tandas Gunawan.(key)

Baca Juga ...

Bupati Sidak RSHD, Temukan Atap Bocor

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H. Dirwan Mahmud, SH melakukan inspeksi mendadak (sidak) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *