Senin , 20 November 2017
Home / BERITA UTAMA / Gertak KB Menuju Bengkulu Sejahtera

Gertak KB Menuju Bengkulu Sejahtera

 BENGKULU – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana  Nasional (BKKBN) melalui program GERTAK KB yaitu gerakan

– Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui program GERTAK KB yaitu gerakan pelayanan KB serentak tahun 2017 di seluruh Puskesmas di 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu

pelayanan KB serentak tahun 2017 di seluruh Puskesmas di 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu, menargetkan pembentukan 128 Kampung Keluarga Berencana di setiap kecamatan. Program ini untuk menuju Bengkulu sejahtera.

Menutur Kabid KB, Bhatul Masyita, total jumlah akseptor KB yang terlayani sesuai harapan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi survei demografi kesehatan Indonesia, HUT  IBI (Ikatan Bidan Indonesia) kerjasama antara perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan dan IBI.

“Berkat kerja sama semua pihak termasuk masyarakat yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini maka pencapaian jumlah akseptor KB pada tanggal 18 April 2017 ini kian meningkat,”terang Bhatul.

Pada 18 April kemarin BKKBN melakukan gerakan pelayanan KB serentak di seluruh Provinsi Bengkulu. Kegiatan dilaksanakan di Puskesmas di seluruh Kab/kota. Pelayanan KB ini dilakukan secara gratis oleh BKKBN Perwakilan Bengkulu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” kata Bhatul.

Program pelayanan KB serentak ini merupakan salah satu upaya mensukseskan pembangunan Nasional, khususnya agenda prioritas ke-3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa. Agenda Prioritas ke-5  adalah meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, serta prioritas ke-8 yaitu revolusi karakter bangsa .

“Membentuk suatu pencampaian target/sasaran  pembangunan bidang pengadilan penduduk dan keluarga berancana dengan membentuk kampung keluarga berencana(kampung KB),” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Iskandar, SE mengatakan kegiatan pelayanan KB serentak ini petama kali diadakan di Provinsi Bengkulu dan pertama di Indonesia. Kegiatan Gertak dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjarangkan kehamilan, mengatur jarak kelahiran, dan merencanakan kehidupan berkeluarga. Sejalan dengan itu kampung KB juga akan segera dilaunching pembentukannya.

“Harapan Masyarakat kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara terus menerus hal ini juga didukung oleh para pemangku kebijakan seperti bupati Bengkulu Utara yang aktif membuka kegiatan Gertak di Kabupaten Bengkulu Utara,” papar Iskandar.

Sedangkan Edi Sofyan selaku Kabid Adpin mengatakan penetapan kampung KB berdasarkan masukan dari masing-masing kabupaten dan kota, kemudian disinkronkan dengan data Bappeda. Sesuai visi dan misi Gubenur untuk menciptakan Bengkulu sejahtera, tahun ini BKKBN akan mengintegrasikan kampung KB.

“Desa binaan berbagai instansi seperti kampung nelayan, desa sakinah, komitmen bersama pemerintah diperlukan untuk mengembangkan gerakan terpadu di kampung KB dengan tujuan untuk mensejahterakan keluarga sehingga kesejahteraan masyarakat di Provinsi Bengkulu pun kian meningkat,” pungkas Edi. (dra)

Baca Juga ...

Bertaruh Nyawa, Digulung Ombak Sudah Biasa

Kita sering melihat batu kecil indah dijajakan di pinggir jalan, khususnya di daerah pesisir pantai. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *