Jumat , 24 November 2017
Home / METROPOLIS / Tahun Ini Ada Sinyal Tes CPNS Suwardi: Khusus Guru dan Kesehatan

Tahun Ini Ada Sinyal Tes CPNS Suwardi: Khusus Guru dan Kesehatan

BENGKULU – Ini kabar gembira dan informasi berharga bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu yang ingin mencari kerja untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Apa Itu? Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi akan membuka penerimaan tes CPNS tahun 2017 ini. Menariknya penerimaan CPNS kali ini masih untuk formasi tenaga kependidikan alias guru serta tenaga kesehatan.

Kepala Bagian Komunikasi Publik KemenPAN-RB, Suwardi mengakui kalau peluang untuk penerimaan CPNS khusus guru dan tenaga kesehatan tahun ini sangat besar. Terutama guru khusus program sarjana mendidik Terdepan, Tertinggal dan Terluar (3T). Bahkan kuotanya mencapai 6.000 lebih yang diusulkan melalui Kemendikbud.

Selain itu juga akan ada penerimaan CPNS tenaga kesehatan. Seperti pegawai tidak tetap (PTT) baik bidan, perawat, serta dokter. Kemudian pengangkatan bagi siswa sekolah kedinasan. Pelaksananya akan dilakukan menjelang akhir tahun 2017 ini.

‘’Untuk formasi umum moratoriumnya belum dicabut. Kalaupun ada maka proses pelaksanaan penerimaan ASN sesuai dengan PP Nomor 11 tahun 2017 yang sudah diteken Presiden dilakukan secara nasional,’’ ujarnya kepada RB kemarin.

Diakui Suwardi, penerimaan CPNS itu juga untuk mengisi jabatan fungsional atau yang benar-benar teknis. Seperti jabatan administrasi khusus pada jabatan pelaksana , jabatan keahlian, serta jabatan ahli pertama dan ahli muda termasuk jabatan fungsional keterampilan dan pemula dan terampil. PP juga mengatur tahapan ppelaksanaan dimulai dari perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran serta seleksi hingga pengumuman seleksi dan pengangkatan.

‘’Syarat untuk penerimaan CPNS di didalam PP juga datur berupa usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar. Serta tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah  mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.  Serta .tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak sebagai pegawai swasta. Lalu tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis. Tesnya juga dilakukan tiga tahap yakniseleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar serta seleksi kompetensi bidang,’’ jelasnya.

Sementara Kepala BKD Provinsi Bengkulu Drs. Ari Narsa JS  mengakui bahwa peluang untuk penerimaan CPNS formasi guru dan kesehatan memang ada. Namun pihaknya masih menunggu sistem dan jadwal pelaksaanya. Selain itu juga ada pengangkatan untuk sekolah kedinasan.

‘’Untuk formasi umum memang belum ada. Walaupun usulan formasi sudah disampaikan ke KemenPAN-RB. Peluang untuk CPNS hanya untuk guru dan kesehatan. Pelaksanaanya tetap sistem CAT. Jadi tidak ada sogok menyogok semuanya transparan,’’ paparnya.

Diakui Ari, saat ini Provinsi Bengkulu mengalami kekurangan beberapa tenaga teknis. Sedangkan untuk tenaga administrasi sudah cukup banyak. Bahkan mengalami kelebihan mencapai 830 orang lebih. Akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, jika regulasi penerimaan P3K dikeluarkan, maka akan diisi dengan penerimaan tenaga pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak.

‘’Jadi khusus honorer tahun ini (2017,red) terakhir. Ke depan akan ada seleksi P3K. Tujuannya untuk mengisi jabatan atau formasi teknis yang belum ada. Semua seleksinya dilakukan sistem CAT,’’ pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Bantuan PKH Tahap IV Sudah Bisa Dicairkan

BENGKULU – Kementerian Sosial RI akhirnya sudah menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap IV ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *