Sabtu , 23 September 2017
Home / BENGKULU UTARA / Terima Hadiah, Pejabat Segera Lapor KPK

Terima Hadiah, Pejabat Segera Lapor KPK

LAPORKAN HARTA: Pejabat dan PNS di jajaran Pemkab BU mengikuti acara sosialisasi LHKPN dan LHK-ASN, Kamis (20/4).

ARGA MAKMUR – Pejabat Pemkab Bengkulu Utara harus berhati-hati dalam menerima hadiah atau sejenisnya. Jika asal terima bisa dianggap gratifikasi yang bisa menjerat pejabat ke dalam sel penjara karena kasus korupsi.

Dalam acara sosialisasi Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHK-ASN), kemarin (20/4) Inspektur Inspektorat BU Abdul Salam, SH menjelaskan pejabat yang terlanjur menerima gratifikasi atau hadiah agar segera melapor ke KPK dan menyerahkan hadiah yang diterima.

“Jika tidak menyerahkan ke KPK bisa terjerat pidana korupsi. Jadi jika ada yang memberikan hadiah namun disinyalir sebagai gratifikasi, segera laporkan ke KPK,” kata Salam.

Dalam acara tersebut, seluruh juga PNS diingatkan untuk melaporkan seluruh harta pada KPK. Laporan juga diserahkan ke Inspektorat. “Jadi untuk pejabat silakan mengisi LHKPN, sedangkan PNS LHK-ASN. Ini semuanya wajib,” tegas Salam.

Tak hanya harta bergerak dan tidak bergerak, PNS juga wajib melaporkan jika memiliki utang. Hal ini dilakukan untuk memantau perkembngna harta aparatur negara sehingga terbebas dari praktik korupsi di tugas masing-masing.

Sementara Wabup BU Arie Sepetia Adinata, SE yang membuka acara ini mengatakan pelaporan harta kekayaan seluruh PNS wajib dilakukan. Hal ini bisa menghindari niat-niat pejabat atau PNS yang ingin memperkaya diri dengan cara yang tidak benar.    “Ini bagus, jadi ada yang memantau perkembangan harta seluruh PNS. Nantinya tentu akan terlihat jika ada penambahan yang tidak wajar,” pungkas Arie.(qia)

Baca Juga ...

Dewan Curigai Limbah CPO PT. K3 Berbahaya

ARGA MAKMUR – Anggota Komisi III DPRD Bengkulu Utara (BU) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *