Selasa , 19 September 2017
Home / JEPRET / Terobosan, Satgas Perbaikan Jalan Jadi Solusi Kerusakan Jalan

Terobosan, Satgas Perbaikan Jalan Jadi Solusi Kerusakan Jalan

 

SATGAS: Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara bersama Satgas, menangani secara cepat jalan yang rusak.

 

 

 

ARGA MAKMUR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membuat terobosan baru untuk mengatasi masalah infrastruktur jalan. Kerusakan jalan yang menjadi keluhan masyarakat karena kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas berakibat korban jiwa melandasi dibentuknya Satgas Perbaikan Jalan Dinas PUPR.

Satgas yang dibentuk kini mengelola dana Rp 1,7 miliar untuk pembangunan fisik. Satgas ini diperuntukan agar bia bergerak langsung begitu terjadi kerusakan jalan. Perbaikan yang dilakukan tanpa harus menunggu pembahasan APBD lagi.

Kadis PUPR Heru Susanto, ST, MM menuturkan jika kerusakan yang menjadi tugas Satgas adalah kerusakan kecil dan sedangkan, dengan melakukan penambalan. Hal ini dilakukan agar kerusakan jalan tidak makin meluas sehingga memperbesar biaya pembangunan tahun berikutnya. “Jadi satgas ini bergerak berdasarkan pengamatan dan laporan masyarakat,” kata Heru.

Ia menuturkan banyak kerusakan jalan yang kecil diawal tahun namun meluas sehingga meningkatkan biaya perbaikan. Dengan adanya Satgas ini, kerusakan kecil bisa lansgung diperbaiki hingga tidak meluas menjadi keluhan masyarakat.

“Untuk tahun ini kita utamakan dalam kota Arga Makmur. Karena ini terkait biaya mobilisasi alat berat yang cukup besar jika perbaikan dilakukan di kecamatan jauh dari Kota,” terang Heru.

Pembentukan Satgas ini dilakukan Dinas PUPR dengan lebih dulu melakukan studi banding ke kabupaten lain. Tidak hanya itu, mereka juga berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Kita tidak ingin timbul masalah, makanya kita lakukan beberapa koordinasi. Yang sekarang kita lakukan sudah berdasarkan saran-saran BPK dan BPKP, intinya anggaran terserap memang dengan program yang jelas,” terang Heru.(qia)

 

ALAT Berat: Bupati Mian dan Kadis PU Heru susanto saat melihat alat berat yang baru dimiliki Pemkab BU.

 

Penambahan Alat Berat

Untuk Penanganan Jalan

ARGA MAKMUR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkulu Utara (BU) berencana melakukan penambahan alat berat serta fasilitas pekerjaan setiap tahunnnya. Hal ini untuk mempermudah penanganan perbaikan jalan yang dilakukan sehingga bisa menciptakan infrastruktur berkualitas yang ada di BU.

Dikatakan Kadis PUPR Bengkulu Utara Heru Susanto, ST jika Dinas PU kini sudah memiliki beberapa jenis alat berat. Namun barang-barang tersebut dinilai masih kurang untuk menunjang penanganan kerusakan jalan di BU. “Kita butuh satu mobil tronton dan minimal satu unit AMP. Ini sangat dibutuhkan dalam mempermudah tugas-tugas yang dilakukan,” kata Heru.

Tronton dibutuhkan untuk memobilisasi alat berat di seluruh wilayah BU, terutama untuk penanganan perbaikan jalan yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) perbaikan jalan. Selama ini Dinas PU menggunakan mobil sewaan sehingga menambah biaya angkut.

“Kita akan coba anggarkan tahun. Apalagi BU memiliki wilayah yang jauh sehingga butuh tronton untuk mobilisasi alat berat,” ujar Heru.

Tidak hanya itu, AMP untuk membuat aspal juga sangat dibutuhkan. Selama ini, untuk tugas-tugas perbaikan jalan Dinas PU selalu membeli aspal dengan pihak ketiga. Selain memang harga tinggi, ini menambah panjang waktu pekerjaan.

“Kalau kita memiliki AMP sendiri, kita bisa membuat aspal sendiri sehingga tidak ketergantungan dengan pihak lain. Ini bisa mempersingkat waktu penangaan kerusakan jalan,” terangnya.(qia)

 

Fokus Pembangunan Infrastruktur

Upaya Peningkatan Ekonomi

ARGA MAKMUR – Masa kepemimpinan Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir. Mian tahun ini memang lebih mengedepankan pembangunan fisik dalam program-program yang dituangkan dalam APBD. Ini lantaran masih banyak jalan-jalan rusak parah dan membutuhkan penanganan.

Bupati BU Ir. Mian menuturkan pembangunan infrastruktur akan terus dilakukan dan mendapat porsi anggaran yang lebih besar. Pembangunan ini akan terkait langsung dengan perekonomian masyarakat yang selama ini terkendala oleh kondisi jalan.

“Pembangunan jalan-jalan desa sebagai penunjang perekonomian harus dikedepankan sehingga pembanggunan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Mian.

Selama ini akses jalan yang jelek atau bahkan tidak adanya akses jalan membuat perekonomian masyarakat rendah. Ini lantaran ongkos angkut barang pertanian maupun bahan makanan bagi masyarakat sehingga berdampak langsung pada ekonomi masyarakat.

“Jika akses jalan lancar, dengan sendirinya akan berdampak pada tumbuhnya ekonomi masyarakat. Ini yang menyebabkan kita tetap fokus pada pembangunan fisik,” terangnya.

Tidak hanya itu, ia juga menekankan program pembangunan yang dilakukan harus terintegrasi dengan program pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat dan provinsi. Sehingga proyek-proyek pembangunan bisa saling mendukung.

“Jadi apa yang dibangun kabupaten, provinsi dan nasional nyambung, tidak terpisah-pisah. Masyarakat juga benar-benar akan merasakan manfaat pembangunan tersebut,” ujarnya.

Dibutuhkannya alat berat bukan hanya untuk pembangunan jalan melainkan penanganan bencana alam. Alat berat sangat dibutuhkan jika memang terjadi bencana sehingga penangnana yang dilakukan bisa sesegera mungkin.

“Penanganan bencana kerap lambat tertanganni karena harus meminjam alat berat. JIka memang sudah dimiliki oleh kita maka penanganan bisa cepat,” pungkas Heru.(qia)

 

 

Rangkaian Kegiatan Dinas PU Bengkulu Utara

 

KOMPAK: Satgas penanganan kerusakan jalan bersama Bupati, Wakil Bupati dan Kadis PU PR Bengkulu Utara.


 

SERTIJAB: Serah terima jabatan antara Mantan Kadsi PU Ir. Maswandi dan Heru Susanto, ST april lalu

 

JALAN LONGSOR:  Penanganan jalan longsor oleh PUPR Bengkulu Utara beberapa waktu lalu

Baca Juga ...

Sosialisasi BKPM Pada Perusahaan se Benteng

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kemarin (27/4) melaksanakan sosialisasi pada ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *