Senin , 20 November 2017
Home / MUKOMUKO / Trans Lapindo Belum Bisa Dimekarkan

Trans Lapindo Belum Bisa Dimekarkan

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko menyatakan tidak akan bisa kabulkan permintaan Desa Lubuk Talang Kecamatan Malin Demam yang mengusulkan, agar trans lapindo dimekarkan menjadi desa definitif. Karena, usulan pemekaran desa tidak memenuhi persyaratan sesuai aturan yang berlaku.

Karena dalam aturan yang tertuang dalam amanah Undang-undang (UU) tentang desa, syarat utama desa yang bakal dimekarkan, harus memiliki minimal 400 kepala keluarga (KK) atau 800 jiwa. Sementara itu Trans Lapindo jumlah KK 200 jiwa atau sekitar 400 orang.

Inilah persoalan upaya pemekaran Trans Lapindo menjadi desa definitif, bakal terganjal. Ini dijelaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mukomuko, Saroni, SH.

Dengan tidak penuhi persyaratan, maka usulan pemekaran Trans Lapindo jadi desa definitif, yang diajukan sejak tahun 2016, tidak bisa diproses Pemkab. ‘’Memang tidak bisa diproses karena tidak memenuhi persyaratan. Kalau aturan lama, asal berdiam 200 KK saja, dapat diusulkan pemekaran menjadi desa,” jelas Saroni.

Pasca tidak memenuhi persyaratan Trans Lapindo menjadi desa definitif maka status Trans Lapindo hanya menjadi Dusun dan di kepalai oleh Kepala dusun (Kadus). ‘’Lain halnya jika Trans Lapindo sudah memiliki KK lebih dari 400 dan jiwa lebih dari 800. Pemkab tidak akan halangi upaya usulan pemekaran desa,” demikian Saroni.(hue)

Baca Juga ...

Masih Ada 10 Paket Pekerjaan Terlambat

MUKOMUKO – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko akhirnya menterbitkan surat teguran untuk ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *