Home / PROMOSI & BISNIS / BI Perkenalkan Pusat Informasi Harga Pangan

BI Perkenalkan Pusat Informasi Harga Pangan

 Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu Endang Kurnia Saputra

BENGKULU – Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu mensosialisasikan keberadan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHS) Nasional. Dimana PIHS telah diresmikan langsung Gubenur BI, Agus Martowardojo dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri keuangan dan Menteri Perdagangan, belum lama ini.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Endang Kurnia Saputra menjelaskan PIHPS menyediakan informasi harga komoditas pangan strategis secara harian di 164 pasar tradisional yang tersebar di 82 Kota di Indonesia. ‘’Pengembangan PIHPS Nasional ditujukan untuk memberikan akses informasi harga pangan terkini bagi masyarakat dan sekaligus mendukung perumusan kebijakan pengendalian inflasi, ‘’jelas dia kepada awak media.

Inisiatif pengembangan PIHPS nasional sambung dia sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia pada acara sinergi aksi  ekonomi untuk  rakyat di Brebes 11 April 2016. Diminta dilakukan pengembangan sistem informasi pangan dan sistem koordinasi pengendalian harga pangan dalam skala nasional.

‘’Pengembangan PIHPS nasional menjadi komitmen bersama  Bank Indonesia dan pemerintah untuk menjaga inflasi 2017 terkendali dalam sasarannya yakni pada kisaran 4 persen plus minus 1. Pada tahap awal data di dalam PIHPS nasional mencakup data harga di pasar tradisional untuk  10 komoditi pangan dengan 21 varian yang cukup dominan dikonsumsi masyarakat dan merupakan komoditas yang menjadi sumber inflasi pangan. Ke-10 komoditas itu diantaranya beras, minyak goreng, daging sapi, daging ayam ras, telur, Cabai Merah, Cabai Rawit, Bawang Merah, Bawang Putih dan gula Pasir. ‘’Khusus Kota Bengkulu pasar tradisional yang disurver adalah Pasar Minggu dan Pasar Panorama, ‘’ujarnya (iks)

Baca Juga ...

Promo Tanda Jadi Hanya Rp 800 Ribu

BENGKULU – Sekaranglah waktunya jika anda ingin membeli sepeda motor merek Yamaha. Sepanjang Oktober ini ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *