Home / BERITA UTAMA / Dewan Minta Tunjangan Perumahan Dibayar Full

Dewan Minta Tunjangan Perumahan Dibayar Full

Sidang Paripurna :PNS Provinsi menghadiri Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu-Masri

BENGKULU – Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu H. Suharto, SE, MBA menyambut baik kebijakan Gubernur Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti, MH yang menyetujui kenaikan tunjangan perumahan anggota dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu tahun 2017 ini. Dewan meminta agar tunjangan itu dibayarkan full sejak Januari lalu.

Dikatakan Suharto, pihaknya tidak mempersoalkan jika ada partai atau anggota DPRD di Provinsi Bengkulu yang menolak tunjangan perumahan tersebut. Akan tetapi proses kenaikan tunjangan itu sudah melalui tahapan dan pertimbangan. Sehingga tidak akan menyakiti hati rakyat di Bengkulu. Sebab besaran kenaikanya tidak signifikan. Dimana untuk anggota hanya naik Rp 2 juta dan wakil ketua naik Rp 3 juta. Bahkan dengan kenaikan ini, tetap tunjangan perumahan di DPRD Provinsi Bengkulu masih terkecil.

‘’Harapan kita dengan naiknya tunjangan, tentu akan menjadi motivasi anggota DPRD untuk lebih memperjuangkan aspirasi masyarakat. Sebab tunjangan itu juga sudah diatur dalam undang-undang. Untuk itu sudah sewajarnya tunjangan DPRD naik dari selama ini untuk anggota hanya Rp 7,5 juta dan Wakil Ketua Rp 9 juta per bulan,’’ terangnya kepada RB kemarin.

Dijelaskan Suharto, tunjangan itu peruntukannya, bukan saja untuk senilai sewa tetapi juga fasilitas lainnya, seperti biaya listrik, PDAM, serta fasilitas lainnya. Kemudian kenaikan tunjangan juga belum akan mengurangi anggaran pembangunan. Sebab selama ini pihaknya juga untuk tahun 2017 APBD sudah hampir 50 persen untuk pembangunan. Terutama jalan dan jembatan sudah mencapai Rp 800 miliar.

‘’Sekarang ini masyarakat yang disakiti itu mana? Aspirasi masyarakat sudah diperjuangkan. Tinggal lagi kini pelaksanaannya di eksekutif. Sekarang karena sudah disetujui Gubernur tinggal pembayarannya. Tentu selisih untuk bulan Januari-Mei itu tetap harus dibayarkan,’’ paparnya.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu H. Heru Susanto, SE, MBA mengakui bahwa kenaikan tunjangan perumahan bervariasi. Yakni untuk anggota dari Rp 7,5 juta naik menjadi Rp 10 juta per bulan. Atau ada kenaikan Rp 2,5 juta per bulan. Sedangkan untuk unsur wakil pimpinan DPRD itu naik juga Rp 3 juta dari Rp 9 juta menjadi Rp 12 juta.

‘’Pembayaranya kita akan sesuaikan dengan aturan. Pastinya anggaran di APBD 2017 untuk membayar selisih kenaikan sudah ada. Sehingga akan segera dibayarkan. Kenaikan itu juga setelah dilakukan kajian dan hasil survei ke provinsi lainnya. Sehingga dengan kondidi APBD Rp 3,3 teriliun, tunjangan perumahan DPRD masih bisa naik. Tetapi tidak sesuai usulan yang mencapai Rp 15 juta per bulan,’’ pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Erna Sari jadi Kuda Hitam Calon Wagub

BENGKULU– Bursa calon wakil gubernur (Wagub) menyusul telah ditetapkannya Dr. drh. H. Rohidin Mersyah menjadi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *