Home / METROPOLIS / Pencairan Tidak Serentak Baru Satu OPD Ajukan THR

Pencairan Tidak Serentak Baru Satu OPD Ajukan THR

BENGKULU – Pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu terancam tak serentak. Bahkan bakal banyak organisasi perangkat daerah (OPD) yang belum akan bisa mencairkan sampai pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. Sebab, baru satu OPD yang mengajukan surat permintaan membayar (SPM).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu, H. Heru Susanto, SE, MM mengakui pencairan THR akan dimulai pada Senin (19/6). Pembayaran dilakukan sampai 23 Juni. Akan tetapi walaupun sudah ada surat edaran regulasi untuk membayarkan THR, OPD belum mengajukan permintaan membayar.

‘’Kalau dana sudah tidak ada masalah disiapkan Rp 49 miliar untuk 11.500 PNS Pemprov termasuk guru SMA/SMK. Tapi sampai hari ini (kemarin, red) baru satu OPD yakni Badan Pengelola Keuangan Daerah yang sudah mengajukan. Untuk itu kami minta OPD segera cepat menyampaikan SPM. Agar sebelum lebaran THR bisa dibayarkan,’’ ujar Heru kepada RB kemarin.

Menurut Heru, tidak hanya SPM THR, tetapi SPM untuk tambahan penghasilan pegawai (TPP) juga harus segera disampaikan. Agar juga bersamaan dengan THR bisa dicairkan. Terutama OPD yang belum mengajukan pencairan TPP untuk Maret dan April lalu. Karena saat ini juga pihaknya sedang memproses untuk pencairan gaji ke 13. Walaupun pembayarannya dilakukan 3 Juli mendatang bersamaan dengan gaji rutin.

‘’Kalau lewat 23 Juli nanti, maka THR akan dibayarkan usai lebaran. Memang tidak akan dihanguskan, tetap diberikan. Namun kami bisa memproses pencairan kalau sudah ada SPMnya,’’ papar Heru.

Diakui Heru, untuk tenaga honorer belum ada regulasinya. Sehingga sebanyak 1.910 honorer tidak diberikan THR. Anggaran Rp 25 miliar yang ada di APBD 2017 itu hanya bisa dibayarkan untuk gaji mereka setiap bulannya.

‘’Untuk gaji honorer juga akan kita percepat. Sehngga mereka yang tidak dapat THR, bisa menerima gajinya,’’ bebernya.

Ditambahkan Heru, PNS yang tidak kebagian THR itu bagi yang sedang menjalani proses sanksi. Baik yang akibat kasus pidana korupsi dan narkoba, juga yang terkena sanksi disiplin. ‘’Intinya kami imbau agar OPD segeralah mengajukan SPM. Agar THR sebulan gaji itu bisa dibayarkan,’’ pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Tiket Pesawat Ludes

BENGKULU – Terhitung H-3 hingga kemarin, puncak harus mudik mulai terjadi. Terutama arus mudik yang ...

2
harianrakyatbengkulu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

  1. Otak para rentenis jalan terus dan otak mereka memang encer dalam menjebak pns agar meminjam uang mereka sendiri

  2. Kacau…. gak profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *