Selasa , 12 Desember 2017
Home / BENGKULU UTARA / Air Meluap, 64 Rumah Warga Sempat Terendam

Air Meluap, 64 Rumah Warga Sempat Terendam

Hujan sejak Sabtu (17/6) menyebabkan banjir di Desa D1 Ketahun, Kecamatan Ketahun dan Desa Giri Mulya, Kecamatan Giri Mulya.

ARGA MAKMUR – Hujan sejak Sabtu (17/6) menyebabkan banjir di Desa D1 Ketahun, Kecamatan Ketahun dan Desa Giri Mulya, Kecamatan Giri Mulya. Meskipun tak ada korban, namun air sempat merendam 64 rumah warga di dua desa tersebut.

Banjit terbesar adalah di D1 Ketahun persisnya di Dusun 6 Perumnas D1 Ketahun. Setidaknya 50 rumah warga perumnas tersebut terendam. Bahkan ketinggian air sudah mencapai 1 meter di dalam rumah-rumah warga.

Kades Ketahun Wahyudi menuturkan warga mulai mengetahui air akan masuk ke rumah sejak pukul 21.30 WIB. Benar saja, pukul 22.3O WIB air mulai masuk ke rumah warga dengan cepat hingga ketinggian 1 meter. Saat itu masih hujan deras di wilayah Ketahun. “Warga sudah sempat mengevakuasi barang-barang berharga milik mereka sebelum air masuk ke rumah dengan tinggi. Jadi tidak terlalu banyak kerugian warga,” kata Wahyudi.

Air masuk ke rumah warga lantaran siring di lingkungan warga dibuat sangat kecil sehingga meluap akibat derasnya volume hujan sejak Sabtu siang. Namun, air dengan cepat surut hanya sekitar 20 menit lantaran memang warga segera mengalirkan arus air. “Air seperti hanya lewat, setelah sempat meninggi air juga cepat surut,” terang Wahyudi.

Kejadian serupa juga terjadi di Desa Giri Mulya. Hanya saja ketinggian air lebih rendah sekitar 30 cm masuk ke rumah-rumah warga. Rumah yang memang terendam air tersebut adalah rumah yang berada di dataran rendah.

Kepala BPBD BU Made Astawa, SP, MM menuturkan dari prediksi BMKG, hujan masih akan terus terjadi hingga akhir Juni ini. Ia juga mengimbau masyarakat yang tinggal di lokasi rawan banjir untuk tetap waspada mengantisipasi banjir. “Namun curah hujan tidak terlalu tinggi meskipun memang cukup panjang. Hal ini menyebabkan kawasan yang terjadi banjir adalah kawasan pemukiman,” jelasnya.(qia)

Baca Juga ...

Pesta Miras, 66 Orang Digelandang – Polisi Ditabrak

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara (BU) menggelar razia gabungan pukul 22.30 WIB Sabtu (9/12) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *