Home / MUKOMUKO / Jelang Pabrik Tutup, Antrean TBS Mengular

Jelang Pabrik Tutup, Antrean TBS Mengular

MUKOMUKO – Petani kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko harus cepat menjual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Lantaran jelang lebaran Idul Fitri hingga beberapa hari usai lebaran, semua pabrik CPO di Mukomuko berhenti beroperasi.

Meski tidak seluruhnya, namun kondisi itu dapat dilihat dari mengularnya antrean truk muatan TBS di sejumlah pabrik TBS. Salah satunya yang sempat dipantau RB di lapangan, terlihat antrean untuk masuk pabrik CPO PT Usaha Sawit Mandiri (USM) di Lubuk Pinang. Bahkan bukan saja TBS dari Mukomuko, tapi banyak truk bermuatan TBS dari wilayah Pesisir Selatan (Sumbar).

Dari informasi Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, mulai tanggal  21 Juni 2017, mayoritas pabrik CPO mulai menghentikan aktivitasnya. Hanya pabrik CPO PT Bumi Mentari Karya (BMK) yang baru menghentikan kegiatannya 22 Juni 2017.

Sebagian besar pabrik libur hingga 10 hari. Namun ada yang sampai 12 hari tak beraktivitas. Ini dikatakan Kasi Budidaya Perkebunan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Sudianto.

‘’Kita sudah konfirmasi langsung kepada masing-masing pabrik untuk jadwal batas penutupan dan menerima TBS sebelum serta sesudah lebaran. Untuk PT Sapta tutup 21 Juni dan baru buka 1 Juli. PT MIL, PT KSM, PT KAS, dan PT DDP tutup 21 Juni dan buka lagi 29 Juni. PT S3 tutup 22 Juni, buka lagi 1 Juli. Sedangkan PT BMK tutup 22 Juni dan baru beroperasi 3 Juli 2017,’’ ungkap Sudianto.

Perlu diketahui, harga TBS terjadi penurunan cukup drastis. Tetapi petani tak ada pilihan, karena khawatir TBS mereka busuk, selain itu memang lagi butuh dana menyambut lebaran Idul Fitri.

Harga TBS terkini di PT Sapta Rp 1.300/kg, PT KSM 1.380/kg. Sedangkan PT MIL, PT DDP, PT KAS, PT S3 membeli TBS di pabrik Rp 1.400/kg. Tertinggi yakni PT SAP Rp 1.440/kg, dan PT BMK Rp 1.410/kg. ‘’Harga turun rata-rata Rp 20/kg dari harga sebelumnya. Kecuali di PT Saptan dan PT SAP harganya tetap bertahan, sama seperti harga sebelumnya,” terang Sudianto.(hue)

Baca Juga ...

Polres Tingkatkan Proses Pengamanan

MUKOMUKO –Tidak ingin kecolongan markas polisi menjadi sasaran tindak kejahatan Polres Mukomuko akan terapkan pemeriksaan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *