Home / METROPOLIS / PPDB Pakai Sistem Zonasi Tidak Lagi Sistem Online

PPDB Pakai Sistem Zonasi Tidak Lagi Sistem Online

Jelang tahun ajaran baru 2017/2018, penerimaan peserta didik baru (PPDB) mulai dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bengkulu.

BENGKULU– Jelang tahun ajaran baru 2017/2018, penerimaan peserta didik baru (PPDB) mulai dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bengkulu. Terutama dalam penerimaan siswa baik tingkat SD dan SMP se-Kota Bengkulu. Untuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya tahun ini menggunakan sistem zonasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan RI, tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB).

“Tahun ini kita penerimaan siswa baru menggunakan sistem zona, tidak lagi menggunakan sistem online. Jadi nanti peserta yang mendaftar berdasarkan zona tempat tinggal bersangkutan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Firman Jonaidi, SPd.

Zona yang dimaksud, sambung Jon–sapaan akrabnya–, bahwa orangtua murid/siswa tidak bisa mendaftarkan anak ke sekolah di luar zona atau tempat tinggal yang sudah ditentukan. “Karena tahun ini penerimaan siswa baru menggunakan sistem zona. Jadi cuma bisa mendaftar di sekolah yang masuk dalam zona yang dimaksud. Sedangkan untuk dari luar daerah yang diakomodir hanya 5 persen dari jumlah keseluruhan  peserta didik yang diterima,” tambahnya.

Menurut Jon, tujuan sistem zona tersebut , agar seluruh sekolah di Kota Bengkulu memiliki kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia yang setara. Dalam aturannya, bahwa sekolah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona yan terdekat dari sekolah paling sedikit 90 persen dari total keseluruhan peserta didik yang diterima.

“Untuk jdwal pelaksanaan  pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bengkulu, mulai 3 Juli sampai 10 Juli mendatang. Saat ini kita sedang mempersiapkan semuanya,” bebernya.

Selain itu Jon menegaskan, Dikbud Kota selalu mengantisipasi dengan mengimbau kepada seluruh sekolah baik tingkat SD, dan SMP untuk tidak melakukan pungutan yang memberatkan siswa.

“Yang jelas untuk tahun ini kita ekstra ketat dalam mengawasi setiap sekolah jelang penerimaan siswa baru ini,” ungkapnya.(new)

Baca Juga ...

Proyek Lampu Jalan Terancam Gagal

BENGKULU – Tutup anggaran tahun 2017 tinggal hitungan dua bulan lagi. Proyek pengadaan lampu jalan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *