Home / METROPOLIS / Rapel Kenaikan TP dan THR Dewan Cair

Rapel Kenaikan TP dan THR Dewan Cair

BENGKULU – Ternyata tidak hanya sebanyak 11.500 PNS di lingkungan Pemda Provinsi Bengkulu mendapat tunjangan hari raya (THR). Tetapi dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah tahun ini, anggota DPRD Provinsi Bengkulupun mendapatkan keberuntungan. Yakni selain juga mendapatkan THR juga rapel kenaikan tunjangan perumahan (TP).

Bahkan THR dan rapel kenaikan tunjangan perumahan akan dibayarkan dalam minggu ini sebelum libur cuti bersama. Untuk THR besarnya sesuai tunjangan representatif dan rapel selisih kenaikan tunjangan perumahan sebesar Rp 2,5 juta per bulan untuk enam bulan.

Sekretaris Dewan Provinsi Bengkulu H Sofwin Syaiful, SH mengakui bahwa pihaknya sudah akan mengajukan surat permintaan membayar ke Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu. Jika memang regulasi baik itu untuk pencairan THR ataupun kenaikan tunjangan perumahan DPRD sudah ada. Bahkan khusus THR akan dibayarkan paling lambat 22 Juni mendatang ini.

‘’Besok (hari ini,red) kami akan sampaikan pengusulan penciran dananya. Sehingga cepat didapati cepat juga dibayarkan. Besarannya sesuai dengan aturan gaji representatif DPRD,’’ ujar Sofwin kepada RB kemarin.

Menurut Sofwin, kalau kenaikan tunjangan perumahan itu akan dibayarkan selisihnya. Terutama untuk Januari-Juni ini. Besarnya jika dirapel Rp 15 juta untuk anggota dan untuk wakil Rp 18 juta. Sebab anggota kenaikannya dari Rp 7,5 juta per bulan menjadi Rp 10 juta. Atau ada kenaikan Rp 2,5 juta.  Lalu untuk Wakil Ketua itu dari Rp 9 juta menjadi Rp 12 juta per bulannya.

‘’InsyaAllah, Selasa atau Rabu sudah dibayarkan. Terutama THR yang harus dibayarkan sebelum lebaran,’’ paparnya.

Sementara Plt Sekda Provinsi Bengkulu H. Gotri Suyanto, M.Sc, Sc mengakui kalau untuk THR dan kenaikan tunjangan perumahan tinggal pembayaranya. Sebab anggaranya sudah ada di APBD 2017 ini. Sehingga tidak akan menghambat kebutuhan yang diharapkan DPRD. Khusus kenaikan tunjangan perumahan masih minim atau belum sesuai harapan mereka, karena mengingat kondisi keuagan APBD yang masih minim.

‘’Kalau APBDnya besar bisa saja tunjangan perumahannya dinaikan lagi. Sekarang ini Pemprov berupaya agar mulai meningkatkan sumber PAD. Begitu juga PNS mereka tetap diberikan THR besarnya sebulan gaji. Sehingga DPRD juga diberikan aturan untuk ikut bisa menerima,’’ jelasnya.

Kemudian untuk PNS juga THR sudah siap dicairkan. Bahkan dalam tiga hari ke depan ini diharapkan seluruh OPD sudah bisa mencairkan THR. Namun untuk gaji ke 13 dibayarkan pada 3 Juli mendatang. Walaupun proses pengajuannya sudah harus dilakukan bersamaan THR.

‘’Untuk PNS THR sudah siap. Khusus honorer diserahkan kepada kepala OPD,’’ tukasnya.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu H. Suharto, SE, MBA mengatakan bahwa pihaknya berharap dalam proses pembayaran tunjangan perumahan sesuai dengan aturan. Sehingga tidak menjadi persoalan dikemudian hari. Kemudian kenaikan sudah dinilai tepat karena selama ini tunjangan perumahan DPRD terkecil di Indonesia.

‘’Soal ada yang menolak nanti ya silahkan. Itu hak mereka masing-masing mau menerima atau tidak kenaikan tunjangan perumahan itu. Namun diketahui semuanya itu memang hak DPRD dan sudah ada aturannya,’’ pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Proyek Lampu Jalan Terancam Gagal

BENGKULU – Tutup anggaran tahun 2017 tinggal hitungan dua bulan lagi. Proyek pengadaan lampu jalan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *