Jumat , 24 November 2017
Home / CURUP / Gerakan Desa Mandiri Pangan Untuk Atasi Kemiskinan

Gerakan Desa Mandiri Pangan Untuk Atasi Kemiskinan

CURUP– Kemiskinan di wilayah pedesaan di Kabupaten Rejang Lebong (RL) dinilai cukup tinggi. Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Rejang lebong tengah melakukan pendataan terhadap desa-desa tersebut. Pendataan tersebut untuk melihat komoditi apa yang cocok dikembangkan di desa.

“Didata terlebih dahulu baru disurvei. Jadi kita lihat komiditi apa yang ada pada desa tersebut yang cocok untuk dikembangkan. Upaya itu akan kita upayakan untuk diterapkan mulai 2018 mendatang dengan program Gerakan Desa Mandiri Pangan (GDMP), dimana program ini tindaklanjut atas upaya penanggulangan kemiskinan,” ujar Kepala DKP RL Taman kemarin.

Dijelaskan lebih lanjut, misal dalam suatu desa berbasis peternakan, seperti sapi dan sebagainya. Maka dalam program tersebut dijalankan pengembangan dan pemeliharaan hewan ternak dengan tujuan desa tersebut dapat menjadi pemasok daging di Kabupaten RL. “Bukan hanya peternakan saja namun komiditi lainnya. Sehingga Rejang Lebong dapat dikatakan sebagai lumbung penghasil komditi terbaik dari berbagai komoditi yang ada di desa,” jelas Taman.

Pengembangan prioritas komiditi pada satu desa akan dilakukan mulai rumah tangga yang masuk dalam katagori miskin atau rawan pangan untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan masyarakat. “Kita lakukan musyawarah terlebih dahulu. Sehingga dapat dijelaskan mengenai pemiliharaan nantinya. Kita harapkan komitmen warga dan kades setempat,” ucap Taman.

Program ini juga dimaksudkan bagi masyarakat untuk giat dalam program pemanfaatan lahan pekarangan, untuk mengurangi kebutuhan masyarakat keluarga dengan menanam berbagai macam kebutuhan yang sesuai dengan pekaranganya.

“Program ini juga dapat didukung dengan DD dan ADD desa bersangkutan. Selain itu desa yang tergolong miskin dapat ditekan dalam pertahunnya sebesar 10 persen. Sehingga dapat menjadi desa yang sehat, sejahtera dan agamis,” pungkas Taman. (nok)

Baca Juga ...

Nasdem Targetkan Menang Pileg 2019

CURUP UTARA – Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Hj. Susilawati ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *