Sabtu , 23 September 2017
Home / MUKOMUKO / Perhubungan Ajukan Timbangan Portable

Perhubungan Ajukan Timbangan Portable

MELEBIHI MUATAN: Tampak truk yang bermuatan TBS melebihi kapasitas maksimal.

MUKOMUKO – Maraknya pelanggaran lalulintas dilakukan kendaraan bermuatan barang dengan melebihi kapasitas tonase bikin geram Bidang Perhubungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko.

Menyikapi masalah ini Dinas PUPR berencana akan ajukan anggaran kepada Pemkab Mukomuko untuk bangun timbangan portable. Dengan dibangunnya timbangan portable, semua kendaraan bermuatan barang yang akan masuk atau keluar dari Kabupaten Mukomuko akan ditimbang.

Kalau kendaraan barang diketahui bawa muatan melebihi kapasitas jalan, jelas barang yang dibawanya sebagian akan diturunkan dan disita pemerintah.

‘’Akan kita turunkan kalau barang yang di bawan lebihi kapasitas. Namun yang jadi masalah, timbangan portable belum ada dan baru kita ajukan pada anggaran perubahan tahun ini,” kata Kabid Perhubungan Dinas PUPR Mukomuko Jailani, SH.

Rata-rata kendaraan  barang yang melakukan pelanggaran dengan membawa muatan lebihi kapasitas yaitu kendaraan pengangkut buah sawit. Dari pantauan di lapangan, truk tersebut membawa muatan di atas 10 ton dengan menyusun buah sawit 3–4 tingkat dari dasar atas bak truk.

Sementara itu kapasitas jalan nasional di Mukomuko ini yakni kelas III A atau dengan beban muatan maksimal 8 ton. ‘’Inilah dasar kami mengusul anggaran pembangunan timbangan portable,” terang Jailani.

Selain itu kata Jailani, pihaknya juga akan mengajukan anggaran untuk bangun gudang penyimpanan barang hasil sitaan dari kendaraan bawa muatan melebihi kapasitas. “Gudang juga perlu ada. Kalau tidak ada gudang percuma barang hasil sitaan tidak ada tempat penyimpanannya,” demikian Jailani.(hue)

Baca Juga ...

Butuh Bangun Bronjong

IPUH – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementarian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu mengharapkan campur tangan Pemkab Mukomuko ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *