Selasa , 19 September 2017
Home / METROPOLIS / Ribuan Masjid Tak Sesuai Arah Kiblat

Ribuan Masjid Tak Sesuai Arah Kiblat

BENGKULU – Tepat pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA kemarin (16/7) merupakan waktu yang tepat dalam pengukuran arah kiblat  masjid yang menjadi tempat ibadah umat muslim di Bengkulu. Pasalnya waktu tersebut bertepatan dengan posisi matahari melintasi atas Ka’bah. Sedikitnya ada tiga ribu masjid di 10 Kabupaten/kota di Bengkulu yang perlu dilakukan pengukuran ulang.

Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Herman Yatim, MM mengatakan bahwa proses pengukuran dilakukan dengan menggunakan benda yang berdiri tegak lurus. Proses pengukuran arah kiblat tersebut dikenal dengan Istiwa A’dham atau Rashdul Qiblah. Yaitu, ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

‘’Sore ini (kemarin,red) merupakan waktu yang tepat bagi umat muslim terutama para pengurus masjid dapat mengukur ulang arah kiblat di masing-masing masjid atau tempat ibadah. Artinya arah yang tepat megikuti bayang-bayang benda yang dijadikan alat untuk melakukan Rashadul Qiblah,’’ jelasnya kepada RB kemarin.

Menurut Herman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengukuran arah kiblat. Yakni pastikan benda yang dijadikan patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot atau bandul. Kemudian permukaanya dasar harus betul-betul datar dan merata. Serta jam pengukurannya harus disesuaikan dengan BMKG.

Lajut Herman, selama ini banyaknya masjid yang bangunan tidak searah dengan kiblat itu, lantaran waktu awal akan dibangun tidak berkoordinasi dengan Kemenag atau KUA.  Padahal dalam pengukuran arah kiblat tidak membutuhkan biaya. Cukup dengan koordinasi melapor ke Kemenag.

‘’Di KUA dan Kemenag Kabupaten/kota itu sudah ada tenaga ahli yang sudah dilatih dalam mengukur arah kiblat. Untuk itu waktu yang memang bertepatan dengan posisi mata hari melintasi ka’bah merupakan waktunya umat muslim untuk mengukur kembali arah kibat rumah ibadahnya,’’ pungkas Herman Yatim yang juga mantan Kabid Urais dan Binsyar ini.(che)

Baca Juga ...

TPP Pemkot Terancam – Kinerja Pejabat Buruk

BENGKULU – Belum tuntasnya penataan sejumlah aset benda bergerak dan tidak bergerak milik Pemerintah Kota ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *