Home / MUKOMUKO / Operasional Petugas Peternakan Rp 100 Jt

Operasional Petugas Peternakan Rp 100 Jt

MUKOMUKO – Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko mengajukan anggaran Rp 100 juta di APBD Perubahan 2017. Anggaran itu untuk operasional bagi petugas peternakan di kecamatan. Menurut Kepala Distan Mukomuko, Eddy Aprianto, SP, M.Si ini dalam rangka menyukseskan kegiatan Upaya Khusus (Upsus) sapi induk wajib bunting.

“Anggaran itu akan diberikan pada petugas peternakan kecamatan yang melaksanakan program upaya khusus sapi induk wajib bunting. Selama ini anggaran operasional untuk mereka belum ada, baru akan kita usulkan pada APBD Perubahan 2017,” kata Eddy.

Jumlah tenaga peternakan kecamatan yang dapat SK penugasan sebanyak 14 orang. Terdiri dari tenaga medis dan para medis peternakan. Petugas peternakan memiliki tugas menyeleksi, mengidentifikasi induk sapi yang wajib bunting.

“Petugas itu melakukan dua cara agar induk sapi bunting, yaitu dengan cara inseminasi buatan (IB) dan kawin alam. Teknisnya, kita serahkan pada petugas peternakan kecamatan,” imbuh Eddy.

Distan Mukomuko menargetkan 5.422 induk sapi bunting melalui upaya upsus tahun ini. Namun hingga kini, petugas peternakan kecamatan baru selesai menyeleksi 3.200 ekor induk sapi. Meski target tersebut belum tercapai, dia optimis tahun ini program upaya khusus sapi induk wajib bunting dapat terealisasi 100 persen dari jumlah yang ditargetkan.

“Kalau optimis tetap. Sejauh ini kendala belum ada. Hanya masalah anggaran operasional bagi petugas peternakan kecamatan saja yang jadi kendala  dinas,” pungkas Eddy.(hue)

Baca Juga ...

Menyampaikan Arti Pentingnya Pancasila dan Bela Negara

Sasar Desa Terpencil, Medan Lumpur Jadi Tantangan Perjuangan Danramil 423-02/Ipuh Kapten Inf. Yon Anison bersama ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *