Selasa , 12 Desember 2017
Home / MUKOMUKO / 2018, Dukcapil Lakukan Updating KK

2018, Dukcapil Lakukan Updating KK

MUKOMUKO – Warga Mukomuko perlu mempersiapkan dokumen kependudukan berupa kartu keluarga (KK). Pasalnya, KK itu nantinya dicek kebenarannya. Mulai alamat domisili termasuk anggota keluarga di dalam lembar KK tersebut.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Mukomuko, Yan Daryat, mengatakan tahun 2018 digelar program updating atau memperbaharui kebenaran data KK. Ini menjadi program prioritas Dinas Dukcapil Mukomuko. ‘’Tahun 2018, program prioritas diantaranya updating data KK,” jelas Yan Daryat.

Dinas Dukcapil Mukomuko akan menerjunkan tim ke desa-desa. Tim ini selain cek KK, juga menjaring penduduk yang belum punya akte kelahiran. Kemudian memastikan orang yang tertera dalam KK masih hidup atau sudah meninggal dunia.

Kemudian apakah masih di alamat yang tertera dalam KK atau sudah pindah di tempat lain tanpa mengurus pindah domisili.

“Alamat yang diverifikasi, baik itu alamat yang dia pindah antar desa, antar kecamatan di dalam kabupaten Mukomuko atau keluar dari Mukomuko. Bahkan pindah antar provinsi juga akan dicek,” jelas Yan Daryat.

Tim Dinas Dukcapil akan menyisir desa perdesa dan kecamatan. Sebelumnya, akan digelar sosialisasi lebih dulu di tingkat kecamatan. Jadi tidak ada alasan bagi masyarakat tidak mengurus dokumen atau memperbaharui dokumen kependudukannya. Sebab pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil gratis.

“Seluruh pelayanan kependudukan gratis, undang-undang melarang adanya pungutan. Juga termasuk mengurus akte kelahiran, meski sudah berumur lebih dari lima tahun, tetap gratis pelayanannya,” demikian Yan Daryat.(hue)

Baca Juga ...

18 BB dan Uang Tunai Rp 44,5 Jt Diamankan

PENARIK –Satreskrim Polres Mukomuko berhasil melakukan penangkapan aksi perjudian bola gelinding yang digelar di arena ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *