Minggu , 20 Agustus 2017
Home / METROPOLIS / Masyarakat Harus Sadar Wisata

Masyarakat Harus Sadar Wisata

BUKA: Plt. Gubernur Bengkulu, Dr.drh.H.Rohidin Mersyah, MMA membuka acara Musda
PHRI Bengkulu.

BENGKULU – Plt. Gubernur Bengkulu, Dr.drh. H. Mersyah Rohidin, MMA mengatakan, harus ada dukungan dari masyarakat, dalam bentuk sadar wisata, untuk  menopang suksesnya Wonderful Bengkulu 2020. Sadar wisataitu, kata Rohidin dengan cara masyarakat turut membantu menjaga tempat-tempat wisata, kebersihan fasilitasnya termasuk pula dari segi keamanannya.

Hal itu dikatakannya saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi di Bengkulu di Hotel Nala Se Side siang kemarin (9/8). “Pihak-pihak seperti media, Perguruan Tinggi, LSM, Kepolisian ikut bertanggungjawab menciptakan masyarakat sadar wisata itu,” tambahnya.

Diterangkan Rohidin, hotel dan restoran ibarat dua sisi mata uang. Industri pariwisata tak bisa maju tanpa adanya hotel dan restoran. “Kemajuan pariwisata dapat membantu maju dan tumbuhnya ekonomi,” ungkapnya. Menurut Rohidin, Provinsi Bengkulu memiliki destinasi wisata yang sangat lengkap. Walau ditinjau dari berbagai sudut agar orang luar mau datang ke Bengkulu, sisi-sisi itu ada di Bengkulu.

“Dari alam kita punya pantai, punya, gunung, flora-fauna, yang menarik, termasuk dari seni budaya, dan sejarah,” paparnya. Dari segi sejarah, Bengkulu adalah tanah kelahiran Fatmawati sang penjahit bendera pusaka, yang untuk  pertamakalinya dikibarkan saat proklamasi RI pada 17 Agustus 1945.

Musda kemarin, juga diikuti, Ketua PHRI Pusat, Haryadi Sukamdani, serta puluhan peserta dari manager hotel di Bengkulu, termasuk lima pengurus cabang PHRI yang ada di Bengkulu. Musda itu turut mengagendakan diskusi panel, yang mengangkat tema tentang mencari kebijakan agar pariwisata bisa maju dari sisi Pemerintah. Dimoderatori oleh GM, RBTV Dedy Wahyudi, SE, MM.

Sementara itu, Ketua PHRI Provinsi Bengkulu, Soni Adnan menegaskan PHRI setidaknya sudah 30 tahun eksis di Bengkulu. Musda ini juga digelar sebagai rangkaian PHRI dalam menuju visit Bengkulu 2020 yang sekarang sedang digalakkan. “Pada acara Musda ini kita gelar pula diskusi panel untuk  mencari apa kebijakan yang paling tepat agar visit Bengkulu 2020 bisa tercapai,” tambahnya.(iks)

Baca Juga ...

Panjat Pinang Massal Pecahkan Rekor MURI

BENGKULU – Bengkulu akan mencetak rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI). Besok (20/8), Pemprov Bengkulu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *