Minggu , 20 Agustus 2017
Home / BENGKULU UTARA / Soal Lahan KTM, Warga dan Pemkab Siap Damai

Soal Lahan KTM, Warga dan Pemkab Siap Damai

ARGA MAKMUR – Setelah dua bulan menempuh persidangan dan masa mediasi, akhirnya konflik sengketa lahan Kota Terpadu Mandiri (KTM) seluas 20 hektare dengan 10 warga Desa Urai, Ketahun berpotensi damai. Ini lantaran adanya pembicaraan antara Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan 10 warga yang menggugat ke persidangan.

Kadis Nakertrans BU, Drs. Fahrudin mengakui sudah ada pembicaraan perdamaian dan mendapatkan hasil positif. Jika nantinya sepakat berdamai maka warga akan mencabut gugatan perdata yang kini masih proses persidangan di PN Arga Makmur. “Mudah-mudahan saja akan segera berdamai, yang jelas sekarang kita masih pembicaraan, namun sejauh ini hasilnya positif,” kata Fahrudin.

Ia juga membantah adanya ganti rugi yang akan diberikan Pemkab BU pada 10 warga sesuai gugatan awal saat dilakukannya mediasi di PN Arga MAkmur. Fahrudin mengaku kesepakatan damai hanya pembicaraan dan menunjukkan bukti-bukti lahan.

“Tidak mungkin kita kita ganti rugi lagi. Kalau nanti kita gantirugi lagi berarti ada dua pembayaran di satu lahan. Itu bisa berimbas masalah hukum,” ungkap Fahrudin.

Sementara, Ali Akbar, SH pengacara 10 warga mengakui adanya pembicaraan tersebut. Namun sejauh ini belum ada pemberitahuan langsung dari warga atau Pemkab. “Pembicaraan itu dilakukan langsung antara warga dengan Disnakertarns, tidak melalui kami (pengacara, red),” bebernya.

Namun ia mendukung adanya pembicaraan damai tersebut jika memang nantinya kesekapatan. Ia juga mengaku siap mencabut gugatan di PN Arga Makmur jika sudah ada kesepakatan tertulis.      “Kalau sekarang, selagi belum ada kesepakatan tertulis, maka kami minta sidang dilanjutkan” tegasnya.(qia)

Baca Juga ...

Pembayaran Beasiswa Unras Nyaris Ricuh

ARGA MAKMUR – Pembayaran uang beasiswa 129 mahasiswa Universitas Ratu Samban (Unras) oleh Yayasan Ratu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *