Home / METROPOLIS / SPBU Depan Benmall Sudah Punya Izin Lengkap

SPBU Depan Benmall Sudah Punya Izin Lengkap

BENGKULU – Kekeliruhan terjadi oleh pihak kecamatan saat menyampaikan pernyataannya bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Kota Bengkulu dalam hearing (dengar pendapat) dihadapan anggota Komisi I DPRD Kota Selasa (8/8) lalu.

Hal itu terkait perihal penyampaian soal perizinan SPBU yang berada di depan Bencoolen Mall (Benmall) yang sebelumnya menyatakan belum memiliki izin. Hal ini langsung diluruskan oleh Kepala DPMPTS Kota Bengkulu, Toni Harisman. Ia mengungkapkan, saat pihaknya melakukan pengecekan lebih dalam ternyata kepemilikan usaha SPBU yang berlokasi didepan Benmall tersebut sudah memiliki izin lengkap berupa HO, SIUP, IMB, izin prinsip dan lainnya.

“Saat kita cek seluruhnya ternyata memang sudah ada pengurusan izinnya lengkap sejak dari tahun 2016 lalu. Kekeliruan ini maklum terjadi sebab pengurusannya masih manual. Sebab berkas-berkas administrasinya kita cek satu persatu. Ternyata pas dicek kelengkapan izinnya sudah lengkap,” kata Toni.

Disisi lain terkait dalam memuaskan pelayanan perizinan dengan masyarakat, pihaknya berencana akan membuat sistem pengurusan perizinan secara online yang bisa diakses masyarakat melalui sistem internet secara online. “Rencana Jumat (11/8) nanti (besok) kita akan adakan launching sistem pengurusan perizinan online. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mengakses,” tambahnya.

Selain itu lanjut Toni, perlu diketahui masyarakat ada sekitar 124 item pelayanan pelayanan perizinan atau non perizinan yang dapat dibuat masyarakat. Rincian diantaranya, ada pengurusan Rekomendasi Apar, Izin Gangguan (HO), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Izin Usaha Industri (IUI). Selanjutnya Izin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK), Izin reklame, izin kesehatan, Izin penelitian, laik Hyiene Sanitasi Air Minum dan lain sebagainya.

Ia menegaskan, dalam pengurusan perizinan dan non perizinan terkait syarat dan ketentuannya berbeda. Jadi jika masyarakat masih bingung soal dalam pengurusan izin ada yang dipungut biaya dan ada yang tidak bisa tanya langsung ke Dinas Penanaman Modal.

“Tentunya kita terus menghimbau kepada masyarakat dalam mengurus perizinan dan non perizinan jangan sungkan bertanya dengan petugas DPMPTSP terkait persyaratannya. Salah satunya termasuk soal ada yang perlu biaya dan tidak dalam pengurusan tersebut,” paparnya.(new/pkt)

Baca Juga ...

Ribuan Penerima Subsidi Jamkes Terancam Dicoret

BENGKULU – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Sosial akan melakukan verifikasi ulang terhadap ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *