Home / BENGKULU UTARA / Buang Batu Bara ke Laut, Injatama Hanya Ditegur

Buang Batu Bara ke Laut, Injatama Hanya Ditegur

ARGA MAKMUR – Belakangan viral video berisi rekaman kapal tongkang pengangkut batu bara (BB) PT. Injatama, Ketahun membuang BB yang diangkutnya ke laut. Puluhan kubik BB itu sengaja dibuang dari kapal tongkang.

Hal ini juga menyebabkan air Sungai Ketahun menghitam dan berminyak karena BB yang dibuang ke laut pencemarannya sampai ke muara sungai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) BU, Drs. H Akmaludin membenarkan video tersebut yang terjadi di PT. Injatama Ketahun. DLH juga sudah turun memeriksa kondisi pencemaran laut akibat pembuatan BB yang sengaja dilakukan.

“Pembuangan itu memang sengaja dilakukan, namun kita sudah beri teguran pada perusahaan,” kata Akmal.

Meski sudah berulangkali terjadi, Akmal mengaku pencemaran yang dilakukan perusahaan baru pertama kali terjadi di masanya memimpin DLH. Perusahaan mengaku terpaksa melakukan pembuangan BB karena tongkang karam. “Alasan perusahaan, kalau tidak dibuang tongkang tidak bisa berlayar karena sudah di pinggir pantai. Makanya ada pembuangan. Kita beri teguran karena ini baru sekali dilakukan,” jelas Akmal.

Ia memastikan akan memberikan sanksi lebih keras lagi jika memang pembuangan BB tersebut kembali dilakukan. Ia juga sudah meminta perusahaan lebih mengawasi lagi kondisi laut sehingga bisa menyesuaikan dengan muatan tongkang BB. “Memang arus laut Ketahun sering berubah-ubah. Namun kita minta perusahaan lebih hati-hati lagi. Jika terjadi lagi akan ada sanksi lebih berat,” tandasnya.(qia)

Baca Juga ...

Satpol PP Turunkan Spanduk Pro Lebong

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akhirnya mengambil sikap tegas terkait aksi massa pro ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *